Upaya Penertiban Parkir oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis di Kawasan Perkotaan Kota Bengkalis

Authors

  • Juwandi Juwandi STAIN Bengkalis
  • Ade Idra Suhara STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v1i1.153

Abstract

The development of Bengkalis Regency from to year has caused an increase in people’s lifestyles, one of which affects the vehicle ownership sector in Bengkalis Regency which in increasing. The vehicle does not always move, there are times when the vehicle stops, making the parking lot the most important element in transpormation. The high public demand for parking order is made a regulation that can improve parking order to the maximum, namely through Bengkalis District Regulation Number 1 of 2016 concerning Public Order. Parking problems that often arise is the practise of careless parking at the edge of the road which causes congestion. The main problem in this study is how to control careless parking by the Bengkalis District Transportation Office in Jalam Jendral Sudirman and Jalan Tengku Umar and what are faced in controlling. The research method used is a qualitative method by collecting data through interviews and documentation conducted to informants who are considered competent in providing information. The results showed that Bengkalis District Transportation Departement had not been maximized in controlling using the repressive and preventive pilicies of indiscriminate parking. And obstacles in the effort to control careless parking by the Bengkalis District Transportation office on Jalan Jenderal Sudirman and Jalan Teuku Umar are the lack of awareness of the people in Bengkalis Regency in obeying traffic signs and the lack of personnel owned bt Dishubkominfo in efforts to control careless parking at Jalan Jenderal Sudirman and Jalan Teuku Umar in Bengkalis Regency.

 

Keywords: Control, Random Parking, Transportation Department, Preventive Efforts, Repressive Efforts.

References

Agustoino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Budiardjo, Meriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik (edisi revisi). Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama. 2008.

Bungin, Burhan. 2011. Metotologi Penelitian Kualitatif (Aktualitas Metodologis ke arah ragam Varian Kontemporer). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2011.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Khisty. C. Jollin. Dan Lall, B. Kent. 2003. Dasar-dasar trekayasa Transfortasi jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexi J. 2004. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwandari, E.K. 2005. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia. Jakarta:Lembaga Pengembangan.

Siahaan, P. Marihot. 2010. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto. Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2005.Memehami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Analisis kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Tobing, David M.L. 2007. Parkir Liar dan Perlindungan Hukum Konsumen. Jakarta: PT Timpaul Agung.

Peraturan Daeraah Kabupaten Bengkalis No 1 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum.

Undang-undang Nomor. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis Nomor 16 tahun 1989 tentang Lambang Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis.

Hermin Ariyani Setiyaningsih. 2009. Skripsi. Implementasi kebijakan pemerintah kota surakarta dalam penataan parkir guna mendukung ketertiban lalu lintas Universitas Negeri Surakarta. Surakarta.

Irfan Bayu Alfathoni. 2011. Skripsi. Kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perparkiran Dalam Penataan Parkir di Kota Surakarta. 2010”. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Lulu Meirine. 2009.Skripsi. Penertiban retribusi parkir umum di Kota Tembilahan. Universitas Riau. Pekanbaru.

Rye, Tom. 2011. Manajemen Parkir: Sebuah Kontribusi menuju Kota yang layak huni. Jurnal tentang Transportasi. 2 (c). 1-10.

Situs resmi Badan Statistik Kabupaten Bengkalis. Diakses pada pukul 14:23 WIB tanggal 01 april 2020.

Dishubkominfobks.blogspot.com,visi dan misi. Diakses pada pukul 21:34 WIB tanggal 05 April 2020.

Kabarwashliyah.com. Hukum bagi pengguna kepentingan umum yang meresahkan. . 2013. Diakses pukul 22:20 WIB, tanggal 20 Januari 2020.

Menaraislam.com. Fiqih siyasah, hak dan kewajiban warganegara dalam islam. Diakses pada pukul 21:00 WIB, tanggal 17 Januari 2020.

Perhubungan.jatengprov.go.id/profil/profil-dinas-perhubungan. Diakses pada pukul 11:50 WIB tanggal 16 April 2020.

Pratama, Ray. Upaya Penanggulangan Kejahatan. dalam http://ray-pratama-siadari/penanggulangan-kejahatan.html. Diakses pukul 20:19 WIB, tanggal 10 Desember 2019.

Scribd.com/doc/149548027/Pengertian Objek penelitian. Diakses pada pukul 22:01 WIB, tanggal 20 Januari 2020.

Website Resmi PPID Kabupaten Bengkalis Riau, Profil Dishub. Diakses pada tanggal 13 maret 2020, pukul 20:03 WIB.

Downloads

Published

2020-12-16