Implementasi Metode Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Rusli Rusli Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syamruddin Nasution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Abu Anwar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v17i2.317

Keywords:

metode, pembelajaran, sejarah, nasionalisme

Abstract

Kabupaten Bengkalis sebagai wilayah yang berbatasan dengan negara-negara tetangga menjadi rawan terhadap hilangnya rasa nasionalisme di kalangan siswa SMA. Asumsi awal menyebutkan hilangnya rasa nasionalisme di kalangan siswa disebabkan pembelajaran sejarah tidak diterima dengan baik dan kurang menarik. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik dengan mengkombinasikan studi pustaka dan lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data induktif. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa nasionalisme di kalangan siswa SMA di Kabupaten Bengkalis masih sangat rendah karena pembelajaran sejarah belum mengakomodir potensi geografis dan historis yang ada. Implementasi pembelajaran sejarah hanya melalui pendidikan wawasan kebangsaan, sehingga upaya imlementasi pembelajaran belum efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode pembelajaran sejarah diantaranya adalah relevansi model, relevansi metode, problematika dan stagnansi metode pembelajaran Sejarah. Pembelajaran sejarah harus dibuat menarik dan menyenangkan. Selain metode-metode yang ada, metode study wisata atau study tour yang dikolaborasi dengan metode diskusi aktif merupakan metode yang ideal untuk pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan kebesaran dan kekuasaan Allah swt di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkalis.

Author Biographies

Rusli Rusli, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pendidikan Agama Islam

Syamruddin Nasution, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sejarah Kebudayaan Islam

Abu Anwar, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pendidikan Islam

References

Abd Rahman Hamid dan Muhammad Soleh Majid. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak, 2011.

Ahmad Rifa’i, dan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis. Observasi dan Wawancara Langsung di SMA Negeri 1 Bengkalis, 13 Desember 2019.

Ahmad Tafsir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. 7 ed. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2003.

Andi Prastowo. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Arif Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Dewi Salma Prawiradilaja. Prinsip Disain Pembelajaran: Instructional Design Principles. Jakarta: Kencana, 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Gagasanriau. “Berbatasan Dengan Negara Tetangga, Bengkalis Harus Kuat.” gagasanriau. Diakses 29 November 2021. https://gagasanriau.com/news/detail/34226/berbatasan-dengan-negara-tetangga-bengkalis-harus-kuat.

ID, Alinea. “Darurat radikalisme di sekolah.” https://www.alinea.id/. Diakses 28 November 2021. https://www.alinea.id/nasional/darurat-radikalisme-di-sekolah-b1Uzl9b6B.

Kementerian Agama. Al-Qur‟an Terjemah Perkata dan Asbabunnuzul, (Bekasi: Cipta Bagus Segara,2012), cet. 1, hlm. 235. 1 ed. Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2012.

“Kepala BNPT sebut ada 19 Pesantren terindikasi radikal | merdeka.com.” Diakses 28 November 2021. https://www.merdeka.com/peristiwa/kepala-bnpt-sebut-ada-19-pesantren-terindikasi-radikal.html.

Marno dan M. Idris. Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Menteri Dalam Negeri RI. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 71 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan (t.t.).

Muhammad Nur. Obserrvasi dan Wawancara langsung dengan Kepala Sekolah SMA 1 Kabupaten Bengkalis, 13 Desember 2019.

Muya Barida. “Inklusivitas Vs Eksklusivitas: Pentingnya Pengembangan Wawasan Kebangsaan Dalam Mewujudkan Kedamaian Yang Hakiki Bagi Masyarakat Indonesia,” 1403–9. Yogyakarta: UAD, 2017.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Kamus Besar Bahasa Indonesia. 14 ed. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Riau, Pemerintah Provinsi. “Kabupaten Bengkalis.” Diakses 29 November 2021. https://www.riau.go.id/home/content/6/kab-bengkalis.

Roje’ah. Obserrvasi dan Wawancara langsung di SMA 1 Kabupaten Bengkalis, 13 Desember 2019.

Silberman, Melvin L. Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject. Massachusetts: Ally And Bacon, 2000.

Sutrisno Hadi. Metode Research. Jakarta: Andi Offset, 1986.

Taufik Ismail. “BIN: Sejumlah Pondok Pesantren dan Masjid Terindikasi Terpapar Paham Radikal - Tribunnews.com.” Diakses 28 November 2021. https://www.tribunnews.com/nasional/2018/06/06/bin-sejumlah-pondok-pesantren-dan-masjid-terindikasi-terpapar-paham-radikal.

Tengku Zahara Djafar. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Pe,Belajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2001.

Tribunnews. “Cegah Paham Radikal dan Terorisme, Pemkab Bengkalis Diharapkan Bangkitkan Semangat Nasionalisme - Tribunpekanbaru.com.” Diakses 29 November 2021. https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/06/04/cegah-paham-radikal-dan-terorisme-pemkab-bengkalis-diharapkan-bangkitkan-semangat-nasionalisme.

———. “Teman Bangku SMA Ungkapkan Proses ‘Cuci Otak’ Dita Supriyanto, Pelaku Bom Bunuh Diri di Surabaya.” Tribunnews.com. Diakses 28 November 2021. https://www.tribunnews.com/regional/2018/05/24/teman-bangku-sma-ungkapkan-proses-cuci-otak-dita-supriyanto-pelaku-bom-bunuh-diri-di-surabaya.

Wikipedia. “Kabupaten Bengkalis.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 25 November 2021. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kabupaten_Bengkalis&oldid=19462511.

Downloads

Published

2021-11-29