Dampak adanya Pasar Modern terhadap Pendapatan para Pedagang Pasar Tradisional di Kabupaten Lampung Selatan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Pasar Jati Mulyo, Kabupaten Lampung Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v6i1.1033Keywords:
Pasar tradisional, pasar modern, pendapatanAbstract
Pasar dapat diartikan tempat bertemuan antara permintaan dan penawaran suatu harga barang atau jasa, atau tempat berjual beli. Penelitian ini mengkaji dampak keberadaan pasar modern terhadap pendapatan para pedagang pasar tradisional dari perspektif ekonomi Islam. Dari sudut pandang ekonomi Islam, keberadaan pasar modern berpotensi menciptakan ketimpangan pendapatan, karena pedagang tradisional sering kali kesulitan bersaing dalam harga dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh persaingan pasar modern terhadap para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Lampung Selatan (studi kasus pada Pasar Jati Mulyo Kabupaten Lampung Selatan) dan untuk menganalisa faktor penyebab perubahan pendapatan para pedagang pasar Jati Mulyo Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dengan turun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pedagang tahu, pedagang cabai, pedagang buah, pedagang makanan ringan, pedagang sayur, pedagang ikan dan pedagang ayam potong, serta konsumen pasar moden dan pasar tradisioal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan,dokumentasi.
References
Abd Ghafur, ‘Mekanisme Pasar Perspektif Islam’, Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5.1 (2019), 1–19 <https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v5i1.86>
Abdul, Aziz, ‘Teknik Analisis Data Analisis Data’, Teknik Analisis Data Analisis Data, 2020, 1–15
AF Nisa, ‘Pengaruh Pendapatan Terhadap Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau’, Jurnal Marwah, XIV.2 (2020), 49–50
Akbar, Ardona Tasa, ‘Sifat Penelitian Kualitatif’, 2022, 30–37 <http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/126>
Nurlinda, Marhawati, Tuti supatminingsih, Rahmatullah, and Syamsu RIjal, ‘Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pedagang Pasar Sentral Pangkep Kabupaten Pangkajene Kepulauan)’, Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3.2 (2022), 396–413 <https://ojs.unm.ac.id/JE3S>
Wahyono, Budi, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Bantul Kabupaten Bantul’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6.4 (2017), 388–99 <https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/7163>
Wulpiah, Wulpiah, ‘Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Mekanisme Pasar’, Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 1.1 (2019), 42–62 <https://doi.org/10.32923/asy.v1i1.605>
Yusri, Ahmand Zaki dan Diyan, ‘Pengertian Pedagang’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 7.2 (2020), 809–20