Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus Masjid Agung Al-Falah Jambi)

Authors

  • Benny Zulfikar Ekonomi Islam, Universitas Jambi
  • Ridhwan Ekonomi Islam, Universitas Jambi
  • Aditya Pratama Ekonomi Islam, Universitas Jambi

Keywords:

Masjid Pemberdaya, Fungsi Masjid, Pemberdayaan Ekonomi Umat

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Agung Al Falah Jambi memiliki potensi signifikan dalam pemberdayaan ekonomi umat, sebagai salah satu masjid terbesar dan bersejarah di Jambi, dengan keunggulan dana infak yang besar, dukungan pemerintah melalui APBD, serta fasilitas yang memadai. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam mengoptimalkan potensi tersebut, seperti kurangnya manajerial dan komunikasi antar pengurus masjid, serta rendahnya partisipasi jamaah. Strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT meliputi: 1) Strategi SO (Strength-Opportunities) memanfaatkan media sosial dalam mengekspos daya tarik wisata religi; 2) Strategi WO (Weakness-Opportunities) memberikan pelatihan manajerial kepada pengurus masjid; 3) Strategi ST (Strength-Threat) memperhatikan infrastruktur demi menciptakan lingkungan yang nyaman untuk jamaah; dan 4) Strategi WT (Weakness-Threat)  melakukan evaluasi kinerja dan merancang program pemberdayaan yang dapat menjadi diversifikasi pemasukan masjid.

References

Aisyah, S. (2013). Membangun Kekuatan Ekonomi Masjid (Studi Kasus Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang). Ejurnal Syariah.

Astari, P. (2014). Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Peradaban Masyarakat.

Azzama, A., & Muhyani. (2019). Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat. Komunika: Juounal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/komunika/article/view/473

BIMAS. (2014). Standar Pembinaan Manajemen Masjid. In Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (p. 41).

JOHN W. CRESWELL. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih di Antara Lima Pendekatan. In PUSTAKA PELAJAR (Vol. 94, Issue 3).

Muhammad Yasir Yusuf, Nazaruddin A. Wahid, Khairudin, Israk Ahmadsyah, Jen Surya, H. M. (2021). Ekonomi Kemasjidan “Menuju Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.” In Ar-Raniry Press. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Pratama, A. (2023). Community Empowerment Dynamics of Masjid Based Bayt al-Mal: A Phenomenology Approach. JIEFeS, 4(2), 294–308.

Ramli, N. & F. R. (2023). Pemberdayaan Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam Bagi Remaja Masjid Al – Ottihad Pulo Brayan Bengkel. JUMSI, 3(1), 1108–1117.

Rifa’i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Universum, 10(2), 155–163. https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.256

Sugiarto. (2016). Potensi Masjid Agung Trans Studio Bandung Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid Dengan Analisis Swot. 4(1), 1–23.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-05-09