Strategi KSPM Universitas Jambi dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa FEB untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah

Authors

  • Wafik Nurazizah Ekomomi Islam, Universitas Jambi
  • Lucky Enggrani Ekomomi Islam, Universitas Jambi
  • Yusuf Zaini Afrizal Ekomomi Islam, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v6i2.1267

Keywords:

Minat, Investasi Syariah, KSPM Universitas Jambi, Literasi Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Jambi dalam meningkatkan minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) untuk berinvestasi di pasar modal syariah. KSPM Universitas Jambi merupakan organisasi yang aktif dalam edukasi pasar modal syariah dengan tujuan membangun literasi keuangan di kalangan mahasiswa. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan anggota KSPM, observasi terhadap kegiatan edukasi, dan analisis dokumen terkait. Pengujian kebasahan data menggunakan Data Empiris dan member check. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi KSPM dalam meningkatkan minat investasi syariah meliputi program pelatihan berkelanjutan, kolaborasi dengan lembaga keuangan syariah, serta penggunaan media sosial sebagai alat promosi. Dalam perspektif pemasaran Islam, strategi ini sejalan dengan prinsip kejujuran, transparansi, dan keadilan dalam memberikan informasi kepada mahasiswa.

References

Alifia, F. N. (2019). Pengaruh sikap, norma subjektif, dan perilaku kontrol terhadap niat whistleblowing dengan jarak kekuasaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Bermeo-Giraldo, M. C., Valencia-Arias, A., Duque García, B., G.-G., & L. F., & Luna-Ramírelz, T. (2019). No Title. Sel Melastrel El Colónomicol, 22(53), 77–102.

Fathoni, H. (2020). Peran pasar modal syariah dalam laju pertumbuhan ekonomi.

Haidir, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Investasi, Dengan Modal Minimal Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Melakukan Investasi Di Pasar Modal Syariah. Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 2599–3348.

Himawan, A. (2011). Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Transaksi Finansial di Pasar Modal Indonesia. Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Transaksi Finansia, 115–116.

Jeni Susyanti. (2016). Oleh-oleh analisis keuangan syariah. Fakultas Ekonomi Universitas Malang.

Muhamad. (2019). Sistem Keuangan Islam: Prinsip dan Operasionalnya di Indonesia. PT. Rajagrafindo Persada.

Nasution, Y. S. J. (2015). Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara Indonesia. Jurnal Akun Stie, 95–112.

Ramadhani, S., Kustiawan, W., Nastutian, J. H., & Azhari, M. I. (2022). Strategi lobbying dan negosiasi dalam proses komunikasi politik. An-Nadwah, 28, 1.

Rusfiana, L. (2021). Strategi antisipasi politik bencana alam di kabupaten Bandung. Jurnal Konstitusi, 3(1), 1–9.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. R&D Bandung CV Alfabeta.

Syafa’at, A., & Wahid, A. (2020). Strategi Pelmasaran Produk Sepatu Menggunakan Model Analisis SWOT dengan Matrik IFAS Dan EFAS di PT. Bagolels Tjipta Karya. Jurnal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 7(7), 108–111.

Downloads

Published

2025-11-24