Pengaruh Religiusitas dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Mayarakat dalam Menggunakan Layanan Bank Syariah (Pada Kelompok Majelis Taklim Ibu-Ibu Di Kecamatan Jambi Luar Kota)

Authors

  • Mayada Handaya Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Islam, Universitas Jambi
  • Ridhwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Islam, Universitas Jambi
  • Heni Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Islam, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari religiusitas dan word of mouth terhadap Keputusan Masyarakat dalam menggunakan layanan bank syariah (studi kasus pada kelompok majelis taklim ibu-ibu di kecamatan jambi luar kota). Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan yaitu dengan menyebarkan kuesioner terhadap 67 responden yaitu ibu-ibu majelis taklim yang sudah menggunakan bank syariah untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel yang ada. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam menggunakan layanan bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung variabel religiusitas (X1) sebesar 3.816 dengan ttabel sebesar 1.669 maka terlihat bahwa thitung>ttabel (3.816>1.669) dengan taraf signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05 (0,003<0,005). Dan nilai thitung pada variabel word of mouth (X2) sebesar 3.466 dengan ttabel 1.669 maka terlihatĀ  bahwa (3.466>1.669) dengan taraf signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya, nila koefesien determinan (R Square) sebesar 0,637. Ini berarti pengaruh variabel religiusitas dan variabel word of mouth terhadap keputusan pengguaan layanan bank syariah sebesar 63,7%, sedangkan sisanya 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-08-05