FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI MILENIAL DESA TENGGAYUN MENJADI NASABAH BANK RIAU KEPRI SYARIAH

Authors

  • Siti Nurfatihah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis (Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam)
  • Nur Azlina Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis (Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam)

Keywords:

Lokasi, Pelayanan, Religiusitas

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh lokasi bank yang lumayan jauh namun karena tidak ada pilihan lain tetap harus menempuh jarak tersebut. Faktor religiusitas, karena Bank Riau Kepri Syariah yang masih baru konversi menjadi bank syariah yang masih awam bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independent seperti faktor lokasi, pelayanan, religiusitas terhadap variabel dependen yaitu, minat menabung generasi milenial di Bank Riau Kepri Syariah Sungai Pakning. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan berdasarkan Uji T, variable lokasi (X1) t hitung sebesar 2,331 dan t tabel 1,986 dengan tingkat signifikan 0,022 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Uji T variabel pelayanan (X2) t hitung sebesar (-1,557) dan t tabel (-1.986) dengan tingkat signifikan 0,023 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara negatif terhadap minat menabung. Uji T variabel religiusitas (X3) t hitung sebesar 2,404 dan t tabel 1,986 dengan tingkat signifikan 0,018 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Berdasarkan Uji F disimpulkan bahwa variabel lokasi, pelayanan, dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.

References

Yuli Andriansya. (2019). Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia dan Kontribusinya Bagi Pembangunan Nasional. Jurnal La-Ribra Ekonomi Islam.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/BRK_Syariah

Hidayatullah. Waris. (2018). Perilaku Generasi Milenial Dalam MenggunakanAplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 6, No. 2.

Tirta Angela. Nurlaila Effendi. (2015) Faktor-faktor Brand Loyalty Smartphone Pada Generasi Y. Jurnal Experientia, Vol. 3 No. 1. Hal 81

Putri Rosalina Harahap. (2022). Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Pekanbaru City, Pekbis Jurnal, vol. 14, No. 2.

Rosa Erlina. (2022). Faktor-Faktor yang Mmempengaruhi Minat Nasaba Dalam Memilih Prouk Tabungan Haji Di Bank Riau Kepri Syariah Cabang Kementerian AgamaKabupaten Kuantan Singingi. Juhanperak

Anwar Prabu Mangkunegara. (1998). Perilaku Manusia. Jakarta: EGC. h. 56.

Roni Andespa. (2017). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Madqis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam. Vol 2, No 2, hal 180.

Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Kencana. Hal. 207

Rama Muhamad Pramudiya, Mira Rahmi. (2022). Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah. JIEFeS, Vol. 3, No. 1.

Dapid Supriyanto. (2021). Analisis Perilaku Milenial Dalam Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Era Revolusi 4.0 Pada Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang, IGM Indo Global Mandiri, Vol.1, No. 2.

Antonio, M. S. (2013). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik (Cetakan 1). Gema Insani.

Iskandar, A., Possumah, B. T., & Aqbar, K. (2020). Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15544

Rachman, M. A., & Salam, A. N. (2018). The Reinforcement of Zakat Management through Financial Technology Systems. International Journal of Zakat, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.37706/iconz.2018.122

Downloads

Published

2025-05-10