FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN WADI’AH DI PT.BANK RIAU KEPRI SYARIAH CAPEM SIAK LUBUK DALAM

Authors

  • Angga Dasma Hendra STAIN Bengkalis
  • Rino Riyaldi STAIN Bengkalis

Keywords:

Perbankan Syariah, Religiusitas, Pengetahuan, Sosial, Psikologis, Preferensi Menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor yang mempengaruhi preferensi  nasabah bank riau kepri syariah dalam memilih tabuangan di PT. Bank Riau Kepri Syariah Capem Siak Lubuk Dalam. Preferensi konsumen juga diartikan sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap suatu produk, barang atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan. Jenis Penelitian ini kuantitatif merupakan penelitian lapangan  field research. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 23. Serta untuk mengetahui faktor faktor yang memepengaruhi religiusitas, pengetahuan, produk bank, sosial dan psikologis terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan wadiah di pt brk syariah digunakan analisis logistik dengan dibantu alat uji yaitu IBM SPSS 23.0. Hasil analisis logistik menunjukkan bahwa faktor religiusitas, pengetahuan, produk bank, sosial, dan psikologis berpengaruh terhadap preferensi nasabah memilih produk tabungan wadiah di BRK syariah, tetapi terdapat salah satu faktor yaitu produk bank dimana merupakan faktor yang paling utama dengan persentase yang tinggi dibandingkan faktor-faktor yang lainnya

References

Afriani, Leni. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MEMILIH TABUNGAN MUDHARABAH DI BANDINGKAN DENGAN TABUNGAN WADI’AH PADA BMT AT-TAQWA MUHAMMADIYAH PADANG CABANG SITEBA,” 2018.

Akhtar, Aulia Hayati. “PROSEDUR TABUNGAN SIMPEL iB HASANAH DI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU KOTA DURI KABUPATEN BENGKALIS.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2020.

Arifa, Najuwa, Nova Resty Kartika, and Muhammad Ilham. "Tinjauan Fatwa DSN-MUI No 88 Tahun 2013 Terhadap Pengelolaan Dana Pensiun Syariah di Indonesia." Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 7.1 (2023): 1-19.

Azlina, Nur. “Urgensi Sosialisasi Produk Akad Perbankan Syariah terhadap Masyarakat di Kabupaten Bengkalis (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Bengkalis).” Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan 17, no. 1 (2021): 79–91.

Azlina, Nur, dan Cholil Nafis. “Implementasi Akad Qard sebagai Akad Tabarru’dalam Perbankan Syariah: Indonesia.” Tasharruf: Journal of Islamic Economics and Business 4, no. 1 (2023): 49–57.

Fakhruddin, Imam, Billy Yanis Saputra, dan Firdaus Firdaus. “PENGARUH RASIO DERAJAT DESENTRALISASI DAN PERTUMBUHAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN BENGKALIS.” ANALISIS: SCIENTIFIC JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND ACCOUNTING 14, no. 01 (2024): 1–15.

Firdaus, Firdaus, Risman Hambali, dan Alvi Ziani. “ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI KAWASAN ASIA TENGGARA.” Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen 5, no. 3 (2023): 175–92.

Firdaus, Firdaus, Sri Ika Mulia, dan Muhamad Muzamil. “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Zakat dan Pendapatan Terhadap Kesadaran Berzakat Perkebunan Sawit.” Indonesian Journal of Islamic Economics and Business 8, no. 2 (2023): 266–82.

Firdaus, Firdaus, Saifullah Saifullah, Nurul Huda, dan Idad Firhan. “Analisis Rasio Profitabilitas Pada PT. Bank Muamalat Tbk. Tahun Periode 2015-2019.” Jurnal Proaksi 8, no. 1 (2021): 113–23.

Firdaus, M. M. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. Dotplus Publisher, 2021.

Hasan, Iqbal. “Analisis data penelitian dengan statistik,” 2004.

Hasan, Zulfikar, Endah Dwi Jayanti, Nur Azlina, Reski Lestari, dan Muslim Muslim. “Prospect of Islamic electronic money in Indonesia: Case study on the LinkAja Application.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 12, no. 1 (2022): 1–13.

Ilham, Muhammad, and Firdaus Firdaus. "Islamic Branding Dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjungpinang." PERADA 3.1 (2020): 29-48.

Illahi, Mery Kurnia, Firdaus Firdaus, dan Imam Fakhruddin. “Islamic Banking Performance Based on Profitability Approach of Indonesia Malaysia Islamic Banks.” Talaa: Journal of Islamic Finance 3, no. 2 (2023): 90–103.

Karim, Adiwarman A. “Bank Islam: Analisis fiqih dan keuangan,” 2011.

Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo, 2015.

Kotler, Philip, dan K. L. Keller. Philip Kotler. Astromax Entertainment, 2014.

Nurrafina, Daffa Azura, Siska Yuliana, Firdaus Firdaus, dan Imam Fakhruddin. “ISLAMIC AND CONVENTIONAL BANK FINANCIAL PERFORMANCE: A COMPARATIVE STUDY IN INDONESIA.” SIFEBRI’S 1, no. 1 (2023): 85–95.

Putri, Meidyna, Imam Fakhruddin, dan Firdaus Firdaus. “Managerial Ownership Structure and Financial Performance.” Finansha: Journal of Sharia Financial Management 4, no. 1 (2023).

Saputra, Billy Yanis, Firdaus Firdaus, Imam Fakhruddin, Riki Rianto, Putri Neli Pratiwi, dan Nurhayati Nurhayati. “PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL KABUPATEN BENGKALIS.” Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 11, no. 1 (2022): 1137-1141-1137–41.

Simamora, Bilson. Panduan riset perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Published

2024-01-31

How to Cite

Dasma Hendra, A., & Riyaldi, R. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN WADI’AH DI PT.BANK RIAU KEPRI SYARIAH CAPEM SIAK LUBUK DALAM. MBISKU: Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(1), 50–59. Retrieved from https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/MBISKU/article/view/625