Persepsi Masyarakat Terhadap Majelis Zikir Al-Hidayah Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

Fakhrurrozi Bin Ahmad(1*), Syahrul Nizam(2),

(1) STAIN Bengkalis
(2) STAIN Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh opini yang berkembang di masyarakat Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis yang menganggap Majelis Zikir Al-Hidayah tidak baik untuk diikuti karena jadwal kegiatannya hingga larut malam serta lokasi kegiatan yang tergolong jauh dari pemukiman penduduk. Penelitian ini menjelaskan tentang persepsi masyarakat terhadap Majleis Zikir Al-Hidayah dan minimnya remaja di Desa Pangkalan Jambi mengikuti kegiatan majelis zikir tersebut. Sebagai kajian deskriptif kualitatif, penulis melakukan penelitian ini selama tiga bulan di Desa Pangkalan Jambi. Adapun  teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, ternyata persepsi masyarakat terhadap Majelis Zikir Al-Hidayah adalah cukup baik karena pada umunya mereka sangat mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan, terutama dalam pembinaan akhlak remaja. Minimnya remaja mengikuti kegiatan tersebut disebabkan jadwal kegiatannya hingga larut malam dan kurangnya minat remaja terhadap kegiatan sebagaimana dimaksud.


Full Text:

PDF

References

Ahmad, N. (2016). MANAJEMEN DAKWAH MAJLIS DZIKIR DI DESA NGEMPLIK WETAN KARANGANYAR DEMAK. 1(2), 18.

Faradini, Rosdiana, D., & Bebasari, E. (2016). GAMBARAN TEKANAN DARAH PRA DAN PASCA BERZIKIR PADA ANGGOTA MAJELIS ZIKIR AL-HIDAYAH PEKANBARU. JOM FK, 3(2), 14.

Gunawan, H. (2014). PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN TEORITIS DAN TOKOH, Bandung, 111.

Maryati, I. (2019). PERAN MAJELIS DZIKIR DAN SHALAWAT DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS KAUM MUDA (Studi di Majelis An-Nabawiyah Serang). 10(1), 99-122.

Munandar, S. A., Purwanti, H. F., & Barokah, L. (2020). NILAI-NILAI ETOS KERJA ISLAM PADA JAMAAH MAJELIS DOA DAN TAKLIM AT-TAQWA WONOKROMO PLERET BANTUL. Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 4(1), 43–50.

Sholiha, T, M., Narulita, S., Mardihah, I. (2014). PERAN MAJELIS DZIKIR DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA PUTRI (MAJELIS DZIKIR AL-MASRURIYYAH, CIPINANG BESAR SELATAN, JAKARTA TIMUR), Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 145-159.

Sugiyono, (2016). METODE KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &D, Bandung: Alfabeta, 36

Syafrudin, S. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AKTIVITAS ZIKIR. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2), 174-180

Syah, A. A. (2020). PERANAN MAJELIS DZIKIR MADZKHURRAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA YANG RELIGIUS. 3(6), 6.

Syihabuddin, Moh. (2018). PEMIKIRAN MAJELIS ZIKIR HASAN MA’SHUM TENTANG TASAWUF DAN RESPONSNYA TERHADAP DUNIA POSTMODERN. ISLAMIKA INSIDE: JURNAL KEISLAMAN DAN HUMANIORA, 4(2), 225–254.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF file viewed/downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.