Dakwah Dalam Seni; Analisis Pesan Dalam Tari Zapin Meskom

Penulis

  • Jefrizal rizal STAIN Bengkalis
  • Zul fila ilham STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.281

Abstrak

Kajian ini dilatar belakangi oleh kondisi dimana sebagian masyarakat terutama generasi muda kurang memahami tentang nilai-nilai yang terdapat didalam tari Zapin Meskom. oleh karena itu kajian ini ingin melihat fungsi serta pesan yang terdapat didalam tarian tersebut. Sebagai penelitian deskriptif kualitatif, maka penulis menggunakan dokumentasi, wawancara serta observasi terhadap masyarakat sebagai informan yang dipilih. Hasil kajian didapati bahwa didalam tari Zapin Meskom ternyata memiliki fungsi sebagai media silaturahmi, media seni pertunjukan, media edukasi dan media olahraga yang terdapat pada syair lagu, pada gerak tari, pada penampilan, maupun pada saat proses pelatihan. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat tiga pesan dakwah yang terkandung didalam tari Zapin Meskom seperti pesan syariah, pesan akidah, dan pesan akhlak.

Biografi Penulis

Jefrizal rizal, STAIN Bengkalis

Mahasiswa

Zul fila ilham, STAIN Bengkalis

Sekretaris Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam STAIN Bengkalis

Referensi

Ahmad, Abd Aziz. Dakwah, Seni dan Teknologi Pembelajaran (Makassar, Fakultas seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, 2013), jurnal.

Al-Baghdadi, Abdurrahman. Seni Dalam Pandangan Islam, (Jakarta: Gema Insani 2004).

Al-Qordowi, Yusuf. Islam Berbicara Seni, (Solo: Fra Intermedia,2002).

Ananda, Kiki Reski.Seni Sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Ukm Seni Sibola IAIN Palopo). Skripsi S1 Bimbingan Dan Konseling IAIN Palopo, 2018.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

Astuti,Susi Vivin. Tari Zapin Bengkalis: Bentuk, Karakteristik Dan Perkembangan. Disertasi S3 Penciptaan dan Pengkajian Seni ISI Surakarta, 2016

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, (Bandung: CV Darus Sunnah2015)

Gazalba, Sidi. Pandangan Islam tentang Kesenian (Jakarta: Bulan Bintang, 1977)

Gazalba, Sidi. Seni dan Agama, ( lesbumi, Yogyakarta: 2006)

Halafifuddin, Didik.Dakwahal Aktual, ( Jakarta: Gema Insani, 1998).

Muslim dkk. Tari Tradisional Zapin Bengkalis-Riau, (Dinas Kebudayaan, Kesenian dan Pariwisata Provinsi Riau, 2007).

Nasution, Nur Amina. Seni Islam sebagai media Dakwah (Studi Kasus: Kesenian Tari Badui di Dusun Semampir, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman Yogyakarta).

Rukman AR. Said, Dakwahal bijaksana, Metode Dakwahal Menurut Al-Qur’an, (Cet,I; Lembaga Penerbitan kampus: Stain palopo, 2009).

Sarita dkk. Sejarah Perkembangan Tari Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Riau), Jurnal.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2013).

Takari,Muhammad.Zapin Melayu Dalam Peradaban Islam: Sejarahal, Struktur Musik Dan Lirik, (Departemen Etnomusikologi, Fakultas Sastra Universitas Sumatra Utara, Medan), Jurnal

Diterbitkan

2021-12-29

Cara Mengutip

rizal, J., & ilham, Z. fila. (2021). Dakwah Dalam Seni; Analisis Pesan Dalam Tari Zapin Meskom. Jurnal Matlamat Minda : Manajemen Dakwah, 1(2). https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.281