Perencanaan Dakwah Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Di Era Globalisasi

Penulis

  • Mentari Tri Indah Rahmayani STAIN Bengkalis
  • Fakhrurrozi Bin Ahmad STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.286

Abstrak

Perencanaan dakwah merupakan suatu hal yang menentukan keberhasilan dalam dakwah. Perencanaan yang dipersiapkan secara matang, akan menghasilkan penyelenggaran dakwah berjalan secara terarah dan teratur. Sehingga segala sumber daya manusia, tenaga dan waktu yang ada tidak disia-siakan. Kelemahan dakwah yang selama ini dilaksanakan salah satu penyebanya adalah karena tidak terencana secara matang sesuai dengan kebutuhan sosial masa kini. Dakwah Terkesan bahwa penyelenggaraan dakwah yang terjadi selama ini hanya seadanya atau biasa-biasa saja hanya menurut selera da’i semata tanpa mempedulikan situasi dan kondisi jama’ah. Lembaga-lembaga dakwah atau para penyelenggara dakwah perlu melakukan perencanaan dakwah yang strategis dengan metode yang tepat supaya dakwah dapat diterima sesuai dengan kondisi psikologis terkini yang dihadapi oleh masyarakat. Perencanaan dakwah yang akan dirumuskan harus menelaah pada konsep perubahan sosial yang terjadi saat ini, di tengah derasnya arus globalisasi dengan harapan agar dakwah yang akan dilakasanakan kelak lebih mengarah pada tujuan dan sasran secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif penulis ini mencoba menyelesaikan permasalahan yang menjadi tujuan penelitian ini, yakni bagaimana perencanaan dakwah dalam menghadapi perubahan sosial di era globalisasi.

Referensi

Budijarto, A., (2018). PENGARUH PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA, Jurnal Kajian Lemhannas RI, Edisi 34, Juni

Departemen Agama RI, (1994). AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA: JUZ 1-30, Jakarta: PT. Kumudasmoro Grafindo, Semarang.

Fajrie Mahfudlah. (2013). DAKWAH ISLAM DAN TANTANG MEDIA GLOBAL, Jurnal Islamic Review, Vol. II, No 2.

Hasan, Muhammad Tolhah, (2003). PROSPEK ISLAM DALAM MENHADAPI TANTANGAN ZAMAN, Lantabora Press , Jakarta, hlm. 56

Haq, Hamka, (2003). SYARIAT ISLAM: WACANA DAN PENERAPANNYA, Yayasan Al-Ahkam, Makassar.

Juhari, (2015). PERUBAHAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF DAKWAH, Jurnal Al-Bayan, Vol. 21, No. 32, Juli-Desember

Moleong, Lexy J., (1991). METODOLOGI PENELITIAN KUALTITATIF, Cet. Ke-III, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Munir, M., Ilahi, W., (2006). MANAJEMEN DAKWAH, Kencana, Jakarta Ni’ami, Uswatun. 2020. “Aktualsasi Dakawah di Era Globalisasi”, Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, Vol. 7, No. 2.

Narwoko, J.D., Bagong, S., (2010). SOSIOLOGI: TEKS PENGANTAR & TERAPAN, Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rakhmwati, Istina, (2014). TANTANGAN DAKWAH DI ERA GLOBALISASI, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 8, No. 02, Agustus, 396.

Ridwan, Muhammad, (2019). PERENCANAAN DAKWAH PERSPEKTIF KOUMIKASI SOSIOKULTURAL, Dirasat: Jurnal Studi Islam dan Peradaban, Vol. 14, No.02.

Ridla, Muhammad Rosyid, (2008). PERENCANAAN DALAM DAKWAH ISLAM, Jurnal Dakwah: Media Dakwah dan Komunikasi Islam, 9 (2), 149-161.

Romli. (2019). DAKWAH ISLAM ERA GLOBALISASI, Ath Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 3, No. 1.

Rosyada, Dede, (1993).HUKUM ISLAM DAN PRANATA SOSIAL, Raja Grafindo Perseda, Jakarta,

Sabarisman, M., (2012). PERUBAHAN SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN “PEMBERDAYAAN MELALUI KUBE DI KELURAHAN SAYANGSAYANG KOTA MATARAM”, Sosiokonsepsia Vol. 17, No. 03.

Sanderson, Stephen K., (2011). MAKRO SOSIOLOGI: SEBUAH PENDEKATAN TERHADAP REALITAS SOSIOLOGI, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sariyani, (2015). HUBUNGAN PARIWISATA DAN PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA, Jurnal Media Wisata, Vol. 13, No. 2, November

Syam, N., (2020). PARADIGMA DAN TEORI ILMU DAKWAH: PERSPEKTIF SOSIOLOGIS, Jurnal Ilmiah Syiar, Vol. 20, No. 01, Januari – Juni

Sugiyono, (2016). METODE KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D, Bandung: Alfabeta.

Indy, R., Waani, F.J., dan Kandowangko, N., (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM PROSES PERUBAHAN SOSIAL DI DESA TUMALUNTUNG KECAMATAN KAUDITAN KABUPATEN MINAHASA UTARA, HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, Vol. 12 No. 4, Oktober Desember.

Yayat M. Harujito, 2001. DASAR-DASAR MANAJEMEN. Bogor, Grasindo.

Zaqzuq, Mahmud Hamdi, 2004. REPOSISI ISLAM DI ERA GLOBALISASI, Cet. 1, Pustaka Pesantren: Yogyakarta

Diterbitkan

2021-12-29

Cara Mengutip

Rahmayani, M. T. I., & Ahmad, F. B. (2021). Perencanaan Dakwah Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Di Era Globalisasi. Jurnal Matlamat Minda : Manajemen Dakwah, 1(2). https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.286