Analisis Strategi Pemasaran Di Era New Normal Pada Biro Perjalanan Umrah
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.289Keywords:
Strategi Pemasaran, Biro Perjalanan Umrah, New Normal.Abstract
Munculnya kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang menghentikan sementara kedatangan jamaah umrah akibat imbas dari Covid-19 turut dirasakan biro perjalanan umrah dan haji khusus di Indonesia. Merespon situasi pandemi, maka pemerintah Indonesia membuat kebijakan di era new normal dan tentunya menjadi tantangan bagi biro perjalanan umrah ditengah belum dibukanya jemaah umrah di luar Kerajaan Arab Saudi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran biro perjalanan umrah di era new normal. Penelitian ini dilakukan pada PT Samira Ali Wisata Tour & Travel Cabang Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden penelitian adalah pimpinan, admin dan mitra PT Samira Ali Wisata Tour & Travel Cabang Sukoharjo. Hasil penelitian terdapat strategi pemasaran di era new normal yang diterapkan oleh PT Samira Ali Wisata Cabang Sukoharjo yaitu home meet dan merilis aplikasi M-Samira.
References
Alfin, Achmad. “Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 10 (2021): 1–208.
Alfiyah, Lailatussani, and Wibowo Isa. “Strategi Adaptasi Perusahaan Biro Tour and Travel Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.” Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan 16, no. 2 (2020): 113–27.
Batampos.co.id. “New Normal, Harga Paket Umrah Bisa Melambung. Diakses Tanggal 11 Juni 2020,” 2020. https://batampos.co.id/2020/06/11/new-normal-harga-paket-umrah-bisa-melambung/.
Budiyanti, Eka. “Dampak Virus Corona Terhadap Sektor Perdagangan Dan Pariwisata Indonesia.” Info Singkat XII, no. 4 (2020): 19–24.
Cnnindonesia.com. “‘Rugi Bandar’ RI Dan Arab Saudi Karena Penghentian Visa Umrah. Diakses Tanggal 11 Juni 2020,” 2020. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200228124625-92-479046/rugi-bandar-ri-dan-arab-saudi-karena-penghentian-visa-umrah.
Gunadarma, Universitas, Program Studi, Pendidikan Agama, and Fakultas Tarbiyah. “Broadcasting Analisis Perilaku Keagamaan Masyarakat Bogor Di Era Pandemi.” Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting 1 (2021): 16–35. https://doi.org/10.47476/dawatuna.vii1.474.
Halloriau.com. “Bila Dibuka Dengan Prosedur New Normal, Biaya Umrah Bisa Naik Hingga 40%. Diakses Tanggal 11 Juni 2020,” 2020. https://www.halloriau.com/read-traveling-131092-2020-06-11-bila-dibuka-dengan-prosedur-new-normal-biaya-umrah-bisa-naik-hingga-40.html#gsc.tab=0.
Hanoatubun, Silpa. “Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.” Edu Psy Couns Journal 2, no. 1 (2020): 146–53.
Ikhsan Mojo, Mohammad. “Memetakan Jalan Penguatan Ekonomi Pasca Pandemi.” The Indonesian Journal of Development Planning IV, no. 2 (2020): 103–16.
Irawan, Doddy, Neni Triana, and Linda Suwarni. “Edukasi Protokol Kesehatan Dan Strategi Pemasaran Online Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Masyarakat Mandiri 4, no. 4 (2020): 7–9.
Kesuma, Silviani. “Pengurangan Risiko Penularan Covid19 Pada Calon Jamaah Haji Dan Umrah Indonesia Di Era New Normal.” IMEJ: Islamic Management and Empowerment Journal 3, no. 1 (2020): 1–18. https://doi.org/10.18326/imej.v3i1.1-18.
“KMA No 719 Tahun 2020 Ttg Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Umrah Pada Masa Pandemi Covid-19.Pdf,” n.d.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. 1 dan 2. Jakarta: Prenhallindo, 2008.
Lewis, B. “Social Media and Strategic Communication : Attitudes and Perceptions Among College Student.” International Journal of Public Relation Society of America, 2010.
Lipi.go.id. “Menyongsong Era New Normal Dalam Situasi Pandemi Covid -19: Momentum Peningkatkan Peran Keluarga Sebagai Agen Perubahan. Diakses Tanggal 21 Juni 2020,” 2020. http://www.kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/1007-menyongsong-era-new-normal-dalam-situasi-pandemi-covid-19-momentum-peningkatkan-peran-keluarga-sebagai-agen-perubahan.
N Soetjipto. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Surabaya: K-Media, 2020.
Nazzarudin, H.M.N. Hidayat, Rahmat., Andreas, Ricco. “Analisa Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Daya Saing Biro Perjalanan Haji Dan Umroh Prospektif Ekonomi Syari’ah.” Nizham 8, no. 1 (2020): 95–112.
Nur, Sultan. “Pelaksanaan Ibadah Haji Pada Masa Pandemi Covid 19 ; Studi Komparatif Perspektif Mazhab Fikih.” Jurnal Perbandingan Mazhab 2, no. 2 (2020): 134–50.
Peresadko, Galina, Olga Pidlisna, Olga Olefirenko, and Oleksandr Karpishchenko. “Marketing Researches of Social Communication Forms in the Dinamics of Human Development.” Economics and Sociology 7, no. 1 (2014): 217–27. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2014/7-1/19.
Purwaningsih, Kismani. “Wawancara Pribadi Dengan Mitra PT Samira Ali Wisata Tour & Travel Cabang Sukoharjo.” Surakarta, 2020.
Radarsolo.jawapos.com. “Ingin Berangkat Umrah Saat New Normal, Ini Biaya Tambahan Untuk Jamaah. Diakses Tanggal 20 Juni 2020.,” 2020. https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/06/10/198359/ingin-berangkat-umrah-saat-new-normal-ini-biaya-tambahan-untuk-jamaah.
Saifuddin, Muchammad. “Strategi Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android ( Studi Kasus Pada Unit Bisnis Kidpreneuer Di Yayasan Al Madina Surabaya ).” Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya 7, no. 1 (2020): 16–20.
Schwarzl, Susanne, and Monika Grabowska. “Online Marketing Strategies: The Future Is Here.” Journal of International Studies 8, no. 2 (2015): 187–96. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-2/16.
Sugiyono. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Syafi’i, Khusnul Khotimah Dawatuh. “Inspirasi Umrohku.” Yogyakarta, 2020.
Tirto.id. “Jurus Travel Haji & Umrah Hadapi Corona: PHK Hingga Reseller Produk. Diakses Tanggal 11 Juni 2020,” 2020. https://tirto.id/jurus-travel-haji-umrah-hadapi-corona-phk-hingga-reseller-produk-fE9H.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2004.
———. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.
Yustifah, Nadiah & Yulianto, Edy. “Pengaruh Experiential Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen PT Alhamdi Global Wisata Periode Umrah 2015 Sampai Dengan Juni 2017).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 57, no. 1 (2017).
Zulfikar, Dicki. “Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Jamaah Umrah PT Arminareka Perdana Salemba.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Matlamat Minda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).