NILAI-NILAI DAKWAH DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

Authors

  • Hikmah Muftiana STAIN Bengkalis
  • Tri Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.312

Keywords:

Nilai-Nilai Dakwah, Film Animasi Nussa, Analisis Semiotik Roland Barthes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai dakwah dalam film animasi Nussa dan Rara dengan menggunakan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik analisis semiotik dengan melihat makna dari tanda-tanda terhadap film yang diteliti yaitu film animasi Nussa dan Rara episode 1-16. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data primer yaitu video film Nussa dan Rara yang diperoleh melalui youtube dan sumber data sekunder penelitian ini yaitu berupa buku-buku, jurnal dan dari internet yang dianggap relevan dengan penelitian ini sehingga dapat memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis semiotik teori  Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat nilai-nilai dakwah dalam film animasi Nussa dan Rara. Dari sepuluh nilai-nilai dakwah yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali hanya terdapat tujuh nilai-nilai dakwah yang berhubungan dengan enam belas episode Nussa dan Rara yang peneliti teliti. Yaitu meliputi : Nilai taubat, nilai sabar, nilai zuhud, nilai mahabbah, nilai ikhtiar, nilai ridho dan nilai niat.

References

Al-Ghazali. 2008. Mutiara Ihya’ ‘Ulumuddin. Bandung: Mizan.

Amin, Munir Samsul, 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Ardhana, Sutirman Eka. 1995. Jurnalistik Dakwah. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Arifin, H.M. 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Fiske, John, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Haris, Abd. 2010. Etika Hamka. Yogyakarta: LkiS

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Indiwan Seto Wahyu Wibowo, 2011. Semiotika komunikasi,Jakarta, Mitra Wacana Media

Junaidi Fajar, 2014. Manajement Media Massa., Yogyakarta, Buku Litera

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008. Cet. IV Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kuswandi, Wawan, 2008. Komunikasi Massa. Jakarta: Rineka Cipta

Ma’arif, Bambang S. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuil. Jakarta: Salemba Humanika

Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Purnamawati, Sri. 2009. Teknik Pembuatan Film. Surabaya: Iranti Mitra Utama

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2010. Metodoogi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarno, Marselli. 1996. Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Gramedia

Supena, Ilyas, 2007. Filsafat Ilmu Dakwah. Semarang: Abshor

Su’udi, Achmad, 2009. Bersama Allah Meraih

Downloads

Published

2021-12-29