Nilai-Nilai Dakwah Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara (Analisis Semiotik Roland Barthes)
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v1i2.312Keywords:
Nilai-Nilai Dakwah, Film Animasi Nussa, Analisis Semiotik Roland BarthesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai dakwah dalam film animasi Nussa dan Rara dengan menggunakan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik analisis semiotik dengan melihat makna dari tanda-tanda terhadap film yang diteliti yaitu film animasi Nussa dan Rara episode 1-16. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data primer yaitu video film Nussa dan Rara yang diperoleh melalui youtube dan sumber data sekunder penelitian ini yaitu berupa buku-buku, jurnal dan dari internet yang dianggap relevan dengan penelitian ini sehingga dapat memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis semiotik teori Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat nilai-nilai dakwah dalam film animasi Nussa dan Rara. Dari sepuluh nilai-nilai dakwah yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali hanya terdapat tujuh nilai-nilai dakwah yang berhubungan dengan enam belas episode Nussa dan Rara yang peneliti teliti. Yaitu meliputi : Nilai taubat, nilai sabar, nilai zuhud, nilai mahabbah, nilai ikhtiar, nilai ridho dan nilai niat.
References
Al-Ghazali. 2008. Mutiara Ihya’ ‘Ulumuddin. Bandung: Mizan.
Amin, Munir Samsul, 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Ardhana, Sutirman Eka. 1995. Jurnalistik Dakwah. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Arifin, H.M. 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Fiske, John, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Haris, Abd. 2010. Etika Hamka. Yogyakarta: LkiS
Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Indiwan Seto Wahyu Wibowo, 2011. Semiotika komunikasi,Jakarta, Mitra Wacana Media
Junaidi Fajar, 2014. Manajement Media Massa., Yogyakarta, Buku Litera
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008. Cet. IV Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Kuswandi, Wawan, 2008. Komunikasi Massa. Jakarta: Rineka Cipta
Ma’arif, Bambang S. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuil. Jakarta: Salemba Humanika
Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,
Purnamawati, Sri. 2009. Teknik Pembuatan Film. Surabaya: Iranti Mitra Utama
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2010. Metodoogi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarno, Marselli. 1996. Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Gramedia
Supena, Ilyas, 2007. Filsafat Ilmu Dakwah. Semarang: Abshor
Su’udi, Achmad, 2009. Bersama Allah Meraih
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Matlamat Minda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).