Nilai Dakwah yang Terkandung dalam Surah Ali-Imran Ayat 159; Studi Komparatif Tafsir al-Azhar Karya H.Abdul Malik Karim Amrullah dan Tafsir al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v2i1.393Abstract
Tulisan ini membahas tentang nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 159 menurut tafsir Tafsir al-Azhar Karya H.Abdul Malik Karim Amrullah dan Tafsir al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Metode kajian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik analisis data analisis isi (content analyisis) dan komparasi. Hasil kajian ini adalah ada empat nilai dakwah yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 159, yaitu sikap lemah lembut, pemaaf, bermusyawarah dan bertawakal. Dalam kaitannya dengan tafsir ayat ini, ada persamaan dan perbedaan yang ditemukan antara Hamka dan Quraish Shihab, keduanya sama-sama menyatakan bahwa sikap lemah lembut itu merupakan anugerah dari Allah, tapi Quraish Shihab mengelaborasi lebih jauh bahwa sifat tersebut sudah terbentuk sejak dini pada diri Nabi sementara Hamka tidak menguraikannya. Demikian pula dalam memahami konsep musyawarah, penafsiran Quraish Shihab jauh lebih kontekstual ketimbang Hamka.
References
A. Mahkama, Komunikasi Dakwah Efektif dalam Perspektif Al-Qur’an, Hunafa Jurnal Studia Islamika, Vol 11, No 1, (Juni 2014).
Hamka, Tafsir Al-Azhar, jilid 2 Juz 4, cet,1 (Jakarta; Gema Insani, 2015)
Hussaini Usman Dan Purnomo Steady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta, Bumi Aksara, 2014)
Ibnu Ahmad al-Anshari al-Qurtubi, al-Jami’ul Ahkam al-Qur’an, cet. Ke-4 (Beirut: Darul Hud, 1867).
Imam Nawawi, syarah Shahih Muslim, Juz 4, (Kairo: Maktabah shafa, 2003).
Jurnal Online : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Sarjono, “Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam”, Vol, II, No 2, 2005.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, vol. 2, cet. Ke-8, (Jakarta: Lentera hati, 2007).
M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat (Bandung: PT Mizan Pustaka, 1996)
Muhammad ibn ‘Alan as-Shiddiqil, Dalil Falihin li Thuruq Riyaduh as-Shalihin, (Riyad: Dar al Ifta,tt)
Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur, (Jakarta: Kencana, 2013)
Nurwahidah Alimudin, Konsep Dakwah Dalam Islam, Jurnal Hunafa Vol. 4, No. 1 Maret 2007
Sayid Muhammad Nuh, Dakwah Fardiyah, (Solo, Era Adicitra Intermedia, 2011)
Syaikh Imam Al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurtubi, (terj) Dudi Rosyidi, dkk (Jakarta: Azzam, 2008)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).