GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DALAM MEMBANGUN ORGANISASI MULTIKULTURAL

Penulis

  • Aisyah Nuramini

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v2i2.436

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Spiritual, Multikultural

Abstrak

Abstrak: Penelitan ini bertujuan untuk menemukan makna dan strategi yang dilakukan oleh pemimpin melalui gaya kepemimpinan spiritual dalam membangung organisasi multicultural. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual melihat organisasi yang multicultural adalah anugrah, potensi, dan keunikan yang dititipkan tuhan di dunia. Adapun strategi kepemimpinan spiritual dalam membangun organisasi multicultural tidak terlepas dari memegang teguh prinsip hidup pemimpin spiritual. Selanjutnya pemimpin membangun organisasi multicultural dengan strategi pendidikan, pembiasaan, dan keteladanan. Berdasarkan gaya kepemimpinan spiritual dan strategi membangun organisasi multicultural yang diimplementasikan dalam kegiatan sekolah bertujuan untuk menciptakan rasa saling menghormati, menghargai dan sekaligus lingkungan yang kondusif dalam mencapai tujuan organisasi. Pemimpin membuat kegiatan dan kebijakan sesuai dengan kemampuan dan komptensinya tanpa harus mengurangi semangat spiritualnya dan bersinggungan dengan perbedaan yang ada di dalam organisasi.

Referensi

Abd. Hafid,. Pendidikan Multikultural dalam Masyarat Transisi: Studi Interaksi Nilai Agama dan Budaya di Batam. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Disertasi, 2020)

Achmad, Supriyanto. Sterategi Pemimpin dalam Membangun Organisasi Multikultural. Jurnal FIP UM (2016)

Alimudin, Kepemimpinan Spritual, Kelola: Journal of Islamic Eduation Management Vol. 4 No. 2 (2019)

Banks, J.A & Banks, C.A.M (Eds). Handbook Research On Multicultural Education. (New York: Macmillah, 1995)

Mujia Raharjo, Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. (http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif), (2017). Diakses 7 Desember 2022

Tobroni, The Spiritual Leadership:Pengefektifan Organisasi Noble Industri Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual, (Malang: UMM Press, 2010)

Ulani ,Yunus. Branding Kota Batam melalui Dimensi Multikultural. Prosiding Konfrensi Nasional Komunikasi, Vol 1 No. 1 (2017)

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Nuramini, A. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DALAM MEMBANGUN ORGANISASI MULTIKULTURAL. Jurnal Matlamat Minda : Manajemen Dakwah, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.56633/jdki.v2i2.436