Peningkatan Potensi Minat Baca Al-Qur’an Pada Anak-Anak Di TPQ Islamiyah Desa Pematang Duku
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v2i2.518Keywords:
Potensi, Minat, Al-Qur’an, Strategi.Abstract
Kemahiran membaca Al-Quran merupakan satu keperluan bagi
setiap umat Islam karena tanpa penguasaan ilmu Al-Quran dari aspek bacaan yang
baik akan menyebabkan perlaksanaan ibadah Islam yang lain tidak dapat
dijalankan secara sempurna. Tulisan ini bertujuan untuk mengelaborasi potensi minat baca al-qur’an pada anak-anak di TPQ Islamiyah Desa Pematang Duku, factor-faktor apa yang mempengaruhi menurun nya minat baca Al-Qur’an dan apa saja strategi yang diperlukan dalam meningkatkan potensi minat baca al-qur’an pada anak-anak di TPQ Islamiyah Desa Pematang Duku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan dapatan hasil penelitian diperoleh bahwa banyak faktor yang kiranya dapat menurunkan potensi minat baca al-qur’an anak-anak TPQ Islamiyah Desa Pematang Duku. Diantaranya adalah : faktor lingkungan tempat belajar tersebut dan faktor media pembelajaran.
Strategi dalam meningkatan potensi minat baca al-qur’an anak-anak di TPQ Islamiyah Desa Pematang Duku: Guru harus segera menyiapakan pembangunan TPQ tersebut, agar siswa merasa aman dan nyaman ketika membaca al-qur’an, guru mengajar menggunakan berbagai media pembelajaran, guru harus selalu menekankan kepada siswa agar belajar lebih aktif dan giat terhadap materi baca al-Qur’an, guru menguasai materi yang diajarkan, guru selalu mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh anak, guru membaca terlebih dahulu, kemudian disusul anak murid, murid membaca didepan guru, sedangkan guru menyimaknya, dan guru mengulang-ngulang bacaan, sedangkan anak atau murid menirukannya kata per kata dan kalimat per kalimat juga secara berulang-ulang.
References
Abdul Rahman Shaleh. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana. 2009.
Nihayatul Hikmia. Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur’an Anak Menggunakan Metode Jibril Di TPA Darussalam Desa Mekar Asri Lampung Utara. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2017.
Zakiah Darajat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.
JURNAL
Muh. Aidil Sudarmono, Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an, Jurnal Ilmiah Islamic Resources, Vol. 17, No. 2, 2020.
LAINNYA
Data Penduduk Bulan Juli Tahun 2022 Desa Pematang Duku
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 pajri pajeriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).