Serambi Islami Sebagai Strategi Dakwah Tvri Di Era Digital Analisis Peluang Dan Tantangan

Penulis

  • Mustarim Ramadhan Universitas ISlam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v3i1.554

Kata Kunci:

Serambi Islami, Era Digital, TVRI. Peluang, Tantangan.

Abstrak

Zaman sekarang teknologi menjadi salah satu penunjang kehidupan, di era digital informasi sangat mudah didapat. Serambi islami menjadi program islami unggulan TVRI Dalam menyampaikan dakwah, namun informasi atau konten yang ada di media digital tidak semua baik dan bermanfaat, karena itu tulisan bertujuan untuk menganalisis Peluang Dan Tantangan program serambi islami sebagai strategi dakwah melalui media informasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan studi dokementasi. Analisis data dalam penelitian ini guna penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Manajemen Dakwah. Ada beberapa peluang dakwah serambi islami di era digital yaitu masyarakat dapat melihatnya dari rumah tanpa harus ke lokasi, melalui media digital dakwah yang disampaikan memiliki jangkauan yang sangat luas, dan apabila masyarakat ketinggalan atau ingin melihat kembali dapat melihatnya di aplikasi tersebut. Dalam menyampaikan dakwah melalui media komunikasi tidaklah selalu berpeluang baik, tentu ada tantangan yang akan dihadapi. Beberapa tantangan serambi islami yaitu Kurangnya Minat masyarakat khususnya anak muda, Sarana penunjang internet, dan perlunya Mempromosikan Serambi Islami ke berbagai media sosial.

Referensi

Ainaya, Dhiva Nur. 2022. Penetapan Realitas Objektif Melalui Modifikasi Program Siaran Serambi Islami di TVRI Jakarta, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Arifin, Anwar. 2011. Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firiana, Dewi Karina. 2016, Sejarah TVRI, Laporan Kuliah Kerja Profesi, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta.

Huda, Sholihul. 2022. Dakwah Digital Muhammadiyah Pola Baru Dakwah Era Disrupsi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ihsani, Danil. 2017. Peranan Lpp Tvri Riau Kepri Dalam Memperkenalkan Budaya Riau. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Ismail, A. Ilyas.2018. The True Dakwah Menggagas Paradigma Baru Dakwah Irama Milenial. Jakarta: Kencana.

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemah New Cordova. Bandung: Syaamil Quran.

Majid. Abdul, 2017, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradono, Abdurrahman Dan Arif. 2019. Explore Sejarah Indonesia Jilid 3 Untuk SMA/Ma Kelas XII. Jawa Barat: Penerbit Duta.

Suhandang, Kustadi. 2007. Manajemen Pers Dakwah, Dari Perencanaan Hingga Pengeawasan. Bandung: Marja. Syamaun.

Syukri, 2007, Dakwah Rasional, Darussalam Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Lestari. Puput Puji, 2020, Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial, Jurnal Dakwah, Vol. 21, No. 1. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mardiana. Reza, Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial, Vol 10. No 02. Jurnal Komunida, Pare-Pare: Iain Pare-Pare, 2020.

Asep Muhyidin, Metode Pengembangan Dawkah, Vol. 8, No. Bandung: Pustaka ADDIN, 2014).

Ummah. Athik Hidayatul, 2020, DAKWAH DIGITAL DAN GENERASI MILENIAL (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara), Vol 18, No. 1, Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram

Kumparan. Sejarah TVRI, Stasiun Televisi Pertama Indonesia yang Genap Berusia 58 Tahun. Diakses Mei 31, 2023, dari https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-tvri-stasiun-televisi-pertama-indonesia-yang-genap-berusia-58-tahun-1u3ulHq8EJn/2.

Muiz. Asep Faiz, Strategi Dakwah. Diakses April 29, 2023, dari http://uchinfamiliar.blogspot.com/2009/04/strategidakwah-melaksanakan-instruksi.html.

Rizki, TVRI dan Aliansi Pecinta Serambi Islami Bersepakat Untuk Kebaikan Bersama, (Forum Konsultasi Publik LPP TVRI. Diakses Mei 06, 2023, dari https://tvri.go.id/newsdtl/TVRI-dan-Aliansi-Pecinta-Serambi-Islami-Bersepakat-Untuk-Kebaikan-Bersama-Forum-Konsultasi-Publik-LPP-TVRI/9so0y8FoNbcrp2yxZDcdBc-IjYQW_FsS070tMjrE8rc.

TVRI Klik. https://tvri.go.id/newsdtl/TVRI-Klik/zWAeCJCnfXxK_-qQlXxKVLP_Qg9bGlFP1nyXytWa8CI diakses pada 05 Juni 2023

Yusuf, Mochamad, Dkk. Tantangan Dan Kendala Dakwah Di Era Digital. Diakses Mei 04, 2023, dari Https://Kpi.Iainkediri.Ac.Id/Tantangan-Dan-Kendala-Dakwah-Di-Era-Digital/.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

Ramadhan, M. (2023). Serambi Islami Sebagai Strategi Dakwah Tvri Di Era Digital Analisis Peluang Dan Tantangan. Jurnal Matlamat Minda : Manajemen Dakwah, 3(1), 151–167. https://doi.org/10.56633/jdki.v3i1.554