Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Melalui Medsos
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v3i1.573Keywords:
Strategi, Dakwah Ust Adi Hidayat & Ust Abdul Somad, MedsosAbstract
Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat masing-masing adalah mubaligh dan mubaligh Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat pun ikut memperluas kampanye dakwahnya melalui media sosial, Baik Ustadz Abdul Somad maupun Ustadz Adi Hidayat adalah da'i yang berhasil menyebarkan dakwahnya di berbagai daerah bahkan negara. Strategi dakwah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat dalam retorika dan materi dakwah di media sosial memberikan dunia dakwah yang didakwahkan oleh Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat yang memadukan Ayat-ayat Allah SWT juga menjadi warna baru . dan Hadits Nabi SAW. Metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan digunakan dalam desain penelitian. Sehingga kemudian melahirkan hasil penelitian diantaranya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Di Media Sosial dan Materi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Di Media Sosial.
References
Abdullah, Yudi. 2019. Komunikasi Sebuah Introduksi. Yogyakarta: CV.
Budi Utama. Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ardial, H. 2014.
Arifin, Anwar Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.. 2011.
Arifin, H.M.Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2002.
Aziz, Moh. Ali. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 2016.
Bungin, Burhan. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group. 2010.
Cangara, H. Hafied. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group. 2016.
Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Onong Uchjana. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Effendy, 2005.
Fajrie, Mahfudlah. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: 2016.
Ilaihi, Wahyu. Dakwah Komunikatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. 2010.
Ismail, Ilyas dan Prio Hotman. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011. Filsafat Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kriyantono, Rachmat. 2010.
Liliweri, Alo. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2017.
Muhyidin, Asep dkk. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2014.
Mulyana, Deddy. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2001.
Nasrullah, Rulli. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2017.
Nurhuda, Eko. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2012.
Andi Offset. Nurudin. Youtube: Cara Mudah Menjadi Populer dengan Internet. Yogyakarta: CV. 2016. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo. Rakhmat, Jalaludin. 2005.
Rohim, Syaiful. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2016.
Ruben, Brent D. dan Lea P. Stewart. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.
Nasrullah, Rulli. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers. 134 2015.
Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers. Setyawan, Deny. 2016. Rahasia Mendapat Dollar dari Youtube. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Soehartono, Irawan. 2011.
Sugiyono. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2011.
Alfa Beta. Syamsudin. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: 2016.
Tiarto, Eko Hari. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2019.
Cahyono, Guntur dan Nibros Hassani, Youtube: Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran, Jurnal Dakwah, Vol. 13 No. 1 tahun 2019.
Imran, Hasyim Ali, Pola Penggunaan Media Komunikasi, Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 17 No. 1 tahun 2013. Journal of Islamic Comunication, Vol. 1 No. 2 tahun 2019.
Setiadi, Ahmad, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, Jurnal Humaniora, Vol. 16 No. 2 tahun 2016.
Suharto, Media Sosial Sebagai Medium Komunikasi Dakwah, Journal Al-Misbah, Vol.13 No. 2 tahun 2017.
Watie, Errika Dwi Setya, Komunikasi dan Media Sosial, Jurnal The Messenger, Vol. 3 No. 1 tahun 2011.
Wibawa, Agung Tirta, Fenomena Dakwah di Media Sosial Youtube, Jurnal RASI, Vol. 1 No. 1 tahun 2019. 135
Pemikiran dan Aktifitas Dakwah Ustadz Abdul Somad Melalui Media Sosial Youtube. Skripsi Program S1 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
https://www.galerinfo.com/pengertian-youtube/ ( 21 Juli 2018)
https://www.dictio.id/t/bagaimana-pengaruh-youtube-sebagai-media-yangbebas/15631)
https://www.youtube.com/AdiHidayatOfficial
https://www.youtube.com/UstadzAbdulSomadOfficial
https://quantumakhyar.com uin-suska.ac.id Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut, “Biografi Ustadz Adi Hidayat”, (On-Line), tersedia di : https://darularqamgarut.sch.id/biografi-ustadz-adi-hidayat/ (22 November 2018)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).