Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Melalui Medsos

Penulis

  • Atiqoh Atiqoh UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Muhamad Zen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v3i1.573

Kata Kunci:

Strategi, Dakwah Ust Adi Hidayat & Ust Abdul Somad, Medsos

Abstrak

Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat masing-masing adalah mubaligh dan mubaligh Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat pun ikut memperluas kampanye dakwahnya melalui media sosial, Baik Ustadz Abdul Somad maupun Ustadz Adi Hidayat adalah  da'i yang berhasil menyebarkan dakwahnya di berbagai daerah bahkan negara. Strategi dakwah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat dalam retorika dan materi dakwah di media sosial memberikan  dunia dakwah yang didakwahkan oleh Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat yang memadukan Ayat-ayat Allah SWT juga menjadi warna baru . dan Hadits Nabi SAW. Metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan digunakan dalam desain penelitian. Sehingga kemudian melahirkan hasil penelitian diantaranya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Di Media Sosial dan Materi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Di Media Sosial.

Referensi

Abdullah, Yudi. 2019. Komunikasi Sebuah Introduksi. Yogyakarta: CV.

Budi Utama. Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ardial, H. 2014.

Arifin, Anwar Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.. 2011.

Arifin, H.M.Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2002.

Aziz, Moh. Ali. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 2016.

Bungin, Burhan. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group. 2010.

Cangara, H. Hafied. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group. 2016.

Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Onong Uchjana. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Effendy, 2005.

Fajrie, Mahfudlah. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: 2016.

Ilaihi, Wahyu. Dakwah Komunikatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. 2010.

Ismail, Ilyas dan Prio Hotman. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011. Filsafat Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kriyantono, Rachmat. 2010.

Liliweri, Alo. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2017.

Muhyidin, Asep dkk. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2014.

Mulyana, Deddy. Kajian Dakwah Multiperspektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2001.

Nasrullah, Rulli. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2017.

Nurhuda, Eko. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2012.

Andi Offset. Nurudin. Youtube: Cara Mudah Menjadi Populer dengan Internet. Yogyakarta: CV. 2016. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo. Rakhmat, Jalaludin. 2005.

Rohim, Syaiful. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Ruben, Brent D. dan Lea P. Stewart. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.

Nasrullah, Rulli. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers. 134 2015.

Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers. Setyawan, Deny. 2016. Rahasia Mendapat Dollar dari Youtube. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Soehartono, Irawan. 2011.

Sugiyono. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2011.

Alfa Beta. Syamsudin. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: 2016.

Tiarto, Eko Hari. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2019.

Cahyono, Guntur dan Nibros Hassani, Youtube: Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran, Jurnal Dakwah, Vol. 13 No. 1 tahun 2019.

Imran, Hasyim Ali, Pola Penggunaan Media Komunikasi, Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 17 No. 1 tahun 2013. Journal of Islamic Comunication, Vol. 1 No. 2 tahun 2019.

Setiadi, Ahmad, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, Jurnal Humaniora, Vol. 16 No. 2 tahun 2016.

Suharto, Media Sosial Sebagai Medium Komunikasi Dakwah, Journal Al-Misbah, Vol.13 No. 2 tahun 2017.

Watie, Errika Dwi Setya, Komunikasi dan Media Sosial, Jurnal The Messenger, Vol. 3 No. 1 tahun 2011.

Wibawa, Agung Tirta, Fenomena Dakwah di Media Sosial Youtube, Jurnal RASI, Vol. 1 No. 1 tahun 2019. 135

Pemikiran dan Aktifitas Dakwah Ustadz Abdul Somad Melalui Media Sosial Youtube. Skripsi Program S1 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

https://www.galerinfo.com/pengertian-youtube/ ( 21 Juli 2018)

https://www.dictio.id/t/bagaimana-pengaruh-youtube-sebagai-media-yangbebas/15631)

https://www.youtube.com/AdiHidayatOfficial

https://www.youtube.com/UstadzAbdulSomadOfficial

https://quantumakhyar.com uin-suska.ac.id Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut, “Biografi Ustadz Adi Hidayat”, (On-Line), tersedia di : https://darularqamgarut.sch.id/biografi-ustadz-adi-hidayat/ (22 November 2018)

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Atiqoh, A., & Zen, M. (2023). Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Adi Hidayat Melalui Medsos. Jurnal Matlamat Minda : Manajemen Dakwah, 3(1), 180–192. https://doi.org/10.56633/jdki.v3i1.573