Peran instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi islam stain bengkalis
Peran instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi islam STAIN Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v3i2.855Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Peran Instagram sebagai media dakwah di kalangan
mahasiswa. Serta untuk mengetahui apa faktor penghambat media dakwah di kalangan
mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam dalam memposting konten Dakwah di
Instagram yang Berkontenkan Dakwah menggunakan Media Instagram. Jenis penelitian ini
adalah Deskrptif Kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh dimana
jumlah sampel yang menjadi informan berjumlah 28 orang. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian 3 bulan, maka Selanjutnya peneliti
mengumpulkan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian peran
Instagram adalah sebagai tempat penyebaran informasi, memperkuat eksitensi informasi, dan
sebagai penghibur. Kemudian, terdapat pada mahasiswa sangat minim melakukan penyebaran
dakwah melalui Media Sosial Instagram. Di lihat dari 28 orang yang mempunyai akun
Instagram dakwah hanya 39,3 persen atau 11 orang mahasiswa yang Aktif dalam berdakwah
menggunakan Akun Instagram. Selain itu, terdapat beberapa Mahasiswa yang mempunyai akun
Instagram dakwah, sebagai formalitas dalam perkuliahan. Akun Instagram dakwah yang
dimiliki hanya sebagai pelengkap perkuliahan. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan
akun Instagram dalam menyampaikan konten-konten dakwah ke media sosial Instagram,
kurangnya ide-ide kreatif dalam pembuatan konten dakwah, faktor kesetabilan jaringan dan
kouta internet, kemudian faktor penghambat bagi da‟i sebagai pelaku dakwah adalah
menyampaikan pesan dakwah. Seorang da‟i tidak memiliki konsistensi dalam melaksanakan
aktivitas dakwah.
Kata Kunci: Peran Instagram, Media Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Peran Instagram sebagai media dakwah di kalangan
mahasiswa. Serta untuk mengetahui apa faktor penghambat media dakwah di kalangan
mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam dalam memposting konten Dakwah di
Instagram yang Berkontenkan Dakwah menggunakan Media Instagram. Jenis penelitian ini
adalah Deskrptif Kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh dimana
jumlah sampel yang menjadi informan berjumlah 28 orang. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian 3 bulan, maka Selanjutnya peneliti
mengumpulkan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian peran
Instagram adalah sebagai tempat penyebaran informasi, memperkuat eksitensi informasi, dan
sebagai penghibur. Kemudian, terdapat pada mahasiswa sangat minim melakukan penyebaran
dakwah melalui Media Sosial Instagram. Di lihat dari 28 orang yang mempunyai akun
Instagram dakwah hanya 39,3 persen atau 11 orang mahasiswa yang Aktif dalam berdakwah
menggunakan Akun Instagram. Selain itu, terdapat beberapa Mahasiswa yang mempunyai akun
Instagram dakwah, sebagai formalitas dalam perkuliahan. Akun Instagram dakwah yang
dimiliki hanya sebagai pelengkap perkuliahan. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan
akun Instagram dalam menyampaikan konten-konten dakwah ke media sosial Instagram,
kurangnya ide-ide kreatif dalam pembuatan konten dakwah, faktor kesetabilan jaringan dan
kouta internet, kemudian faktor penghambat bagi da‟i sebagai pelaku dakwah adalah
menyampaikan pesan dakwah. Seorang da‟i tidak memiliki konsistensi dalam melaksanakan
aktivitas dakwah.
Kata Kunci: Peran Instagram, Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fela Perdayani Putri; Mentari Tri Indah Rahmayani RAHMAYANI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).