PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI
Keywords:
Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen LabaAbstract
Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi dengan ada nya beberapa kasus manajemen laba pernah menimpa beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti PT. Bukit Uluwatu Villa, Tbk, PT. Jaya Bersama Indo, Tbk dan PT. Saraswati Griya Lestari, Tbk. Terjadinya asimetri informasi antara manajemen dengan pihak eksternal yang tidak memiliki kuasa memadai untuk memonitor tindakan manajer, juga mendorong terjadi perilaku manipulasi ini. Berdasarkan hal tersebut, manajemen akan memanipulasi laporan kinerja perusahaan untuk kepentingannya sendiri dan tidak mementingkan kepentingan perusahaan secara umum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di BEI.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan jumlah Sampel penelitian yang didapat sebanyak 17 emiten selama periode 2018-2022.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Manajemen Laba (Y) sebagai variabel bebas dan variabel terikat yaitu Profitabilitas (X), Ukuran Perusahaan (X) dan leverage (X). Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini Profitabilitas dengan hasil nilai T hitung = -2,974 < T tabel = -1,98969 dengan nilai signifikansi sebesar Sig. tabel = 0,004 < (α) = 0,05, Ukuran Perusahaan Thitung = -0,524 > Ttabel = -1,98969 dengan nilai signifikansi sebesar Sig. tabel = 0,601 > (α) = 0.05, dan Leverage Thitung = 0,044 < Ttabel = 1,98969 dengan nilai signifikansi sebesar Sig. tabel = 0,965 > (α) = 0,05.
References
C. Jensen, M., & H. Meckling, W. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, Vol. 3, pp. 305-360.
Dewayani, M. A., Al Amin, Moh., dan Dewi, V. S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. The 6th University Research Colloquium.
Fandriani, V., & Tunjung, H. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Vol. 1, pp. 505-514.
Gunawan, Ketut, Nyoman Ari Surya Darmawan dan I Gusti Ayu Purnamawati. (2015). Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. E-journal S1 Ak, Vol. 3, No. 1.
Husein Umar. (2014). Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers, Jakarta, hal. 77.
Husnan, S. (2001). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisa Sekuritas. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali, Jakarta, hal. 196.
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali, Jakarta, hal. 151.
Lestari, Hanny S., dan Chariri, Anis. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan melalui Internet (Internet Financial Reporting) dalam Website Perusahaan. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 27 (3), pp. 135-156, hal. 9.
Lestari, Hanny Sri dan Anis Chariri. (2007). Analisis Faktor-Faktor Mempengaruhi Pelaporan Keuangan melalui Internet (Internet Financial Reporting) melalui Website Perusahaan. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.
Luciana Spica Almilia dan Sasongko Budisusetyo. (2009). The Impact of Internet Financial and Sustainability Reporting on Profitability, Stock Price, and Return in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Business and Economics, Vol. 1, No. 2, pp. 380-395.
Luqiana, L., Cahyaningsih, & Zultilisna, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Meningkatkan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Akrab Juara, 3, 220–232.
Marston, Claire. (2004). Financial Reporting on the Internet by Leading Japanese Companies. Corporate Communication, Vol. 8(1), pp. 33-50.
Oyelere, P., F. Laswad, and R. Fisher. (2003). Determinants of Internet Financial Reporting by New Zealand Companies. Journal of International Financial Management and Accounting, 14, pp. 26.
Priharta, A., Rahayu, D. P., & Sutrisno, B. (2018). Pengaruh Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba. Journal of Applied Business and Economics, Vol. 4, pp. 277-289.
Purnama, D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, Vol. 3, No. 1, pp. 1-14.
Rodoni dan Ali. (2010). Manajemen Keuangan. Mitra Wacana Media, Jakarta.
Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, pp. 355-377.
Sulistyanto, H. Sri. (2008). Manajemen Laba, Teori dan Model Empiris. Grasindo, Jakarta.
Tala, Olivia dan Herman Karamoy. (2017). Analisis Profitabilitas dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal, Vol. 6, No. 1.
Tarjo. (2008). Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan Institusional dan Leverage terhadap Manajemen Laba, Nilai Pemegang Saham serta Cost of Equity Capital. (SNA 11 Pontianak: Universitas Trunojoyo Bangkalan Madura).
Wardani, K. R., Herlina, I., Shandi, D., & Brillian, R. M. (2020). Manajemen Laba, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Ilmiah MEA, Vol. 4, No. 3, pp. 1853-1869.
Wolk, H., M. G. Tearney, dan J. L. Dodd. (2000). Accounting Theory: A Conceptual and Institutional Approach. South Western College Publishing.
Wolk, H. I., Michael G. Tearney dan James L. Dodd. (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Institutional Approach, 5th ed. Cincinnati, Ohio: South Western College Publishing.