PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X.IPA. 2 SEMESTER I SMA NEGERI I BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rodiah Hasan(1*),

(1) SMA Negeri 1 Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

This research was conducted in class X IPA semester II 2016/2017 school year at SMA Negeri I Bengkalis. This Classroom Action Research (CAR) was carried out in two cycles, where each cycle consisted of four steps: planning, action, observation and reflection. Research data were collected through student activity observation sheets, student learning achievement improvement sheets, and teacher and peer activity observation sheets. The teaching and learning process uses Student Activity Sheet. At the end of this research, it can be concluded that the application of the Discovery Learning model to the SPLTV material can improve the learning outcomes of students of Class X Science 2 of SMA Negeri I Bengkalis.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA semester II tahun pelajaran 2016/2017 di SMA Negeri I Bengkalis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian dikumpul melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar peningkatan hasil belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas guru, dan teman sebaya. Proses belajar mengajar ini menggunakan media LAS (Lembaran Aktivitas Siswa). Pada akhir penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi SPLTV dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri I Bengkalis.

___________________

Keywords: Classroom Action Research, Discovery Learning, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2006. Pedoman Model Penilaian Kelas. Jakarta: BP Cipta Jaya

Bloom. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Matematika Kelas X SMA. Kemdiknas.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Reneka cipta.

Djamarah. SB. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Pengembangan Profesional Guru. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Lazanov dalam Syaiful. 2003. Penelitian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Praktik Penlitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noormandiri. 2014. Matematika untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhunya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukayati. 2003. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PPPG.

Sumardyono. 2013. Model Pembelajaran P4TK Matematika. Yogyakarta.

Sutrisna Sanjaya. 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Primada Media.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Werkanis dan Hamadi. 2003. Strategi Mengajar. Pekanbaru: PT Sutra Benta.

Yusuf dan Arief. 2007. Pengembangan Program Pengajar Biologi. Pekanbaru: UNRI Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

All publications by Akademika are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Akademika: Religious and Education Journal Indexed By:

 

Address:
Akademika Research Centre
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Jln. Lembaga Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis
Riau - Indonesia
Telp./Fax.: 0766-8001050
Email: akademikajkp@gmail.com

 

p-ISSN: 2087-5630  |  e-ISSN: 2685-158X  |  View Akademika Stat View Akademika Stat