Pengaruh Live Streaming dan Content Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Platform Tiktok dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Jambi )
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v6i2.1261Keywords:
Live streaming, content marketing, perilaku konsumtifAbstract
Penelitian ini tentang ”Pengaruh Live Streaming Dan Content Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggunna Platform Tiktok Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kota Jambi)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh live streaming dan content marketing terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z di kota Jambi dalam perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik non probability dengan metode convenience sampling. Jumlah sample yang diambil sebanyak 112 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z di Kota Jambi yang berumur 14-28 tahun yang pernah berbelanja melalui platform e-commerce Tiktok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program aplikasi SPSS 26 menggunakan regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial live streaming (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, content marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Live streaming dan content marketing bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.
References
Adhitya, Fajar. "Pengaruh Content Marketing, Online Consumer Review Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Hijab Rabbani Pada Generasi Z Di Kota Semarang." EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi 10.2 (2022): 223-238.
Afrina, D. (2019). Rasionalitas muslim terhadap perilaku israf dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 23-38.
Agustin, N. A. (2023). Pengaruh Affilliate Marketing, Live Streaming, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Dan KeputusanPembelian Online Dalam Tiktokshop . Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 137-152.
Amri, A. (2015). Ekonomi Dan Keuangan Islam (Junaidi & Subhan (eds.)).
Al Ghozali, C. M., & Astuti, S. W. (2023). Pengaruh E-Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Akun Instagram@ aerostreet. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 7(1), 197-205.
Angriawan, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Dan Marketplace Shopee Terhadap Perilaku 74 Konsumsi Mahasiswa. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Arifin, A., Magito, M., Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130
Badan Pusat Statistik Kota Jambi (2022) Jumlah Generasi Z di Kota Jambi Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin.
Bhakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran Bimbingan Dan Konseling Untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling Perkembangan. Konseling GUSJIGANG, 3(1), 10.
Budiyati, U. N., & Diwanti, D. P. (2023). Pengaruh Marketing Influencer, Trend Fashion Muslim, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ema, 8(1), 86-94.
Buku Ekonomi dan Keuangan Islam Edisi Revisi (2017) Prof. Dr. H. Amri, S.E., M.S.
Darwinrine Gabryella, D. S. (2024). Pengaruh Intensitas Menonton Live Streaming Tiktok Live Dan Product Knowledge Di Tiktok Shop Terhadap Minat Beli Gen Z Pada Produk Fashion. e.journal.undip, 1-13.
Data.goodstats(2023). Negara pengguna Tiktok
Data Indonesia (2022). Kategori Produk E-Commerce Berdasarkan Kategori
Darwin, M., Sylvia, M. R. M. S. A. S. Y. N. H. T. D., & Gebang, I. M. D. M. A. B. P. P. V. A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (T. S. Tambunan (ed.); Issue August). (CV. MEDIA SAINS INDONESIA).
Dewi, D. S., & Murtadlo, K. (2023). Pengaruh Content Marketing Tiktok Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Dan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Akun Tiktok@ Deliwafa. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(4), 168-180.
Dewi, R. S. (2023). Pengaruh Faktor Kemudahan Keamanan Dan Sosial Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (E-Money) Pada Aplikasi OVO Dengan Variabel Moderasi Gender (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi UII) [UNIVERSITASISLAM INDONESIAYOGYAKARTA].https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Dimas Perdana Oskar, R. W. (2022). E-Commerce, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online melalui Platform TikTok. Jurnal Ekobistek, 442-447.
Efendi, B. G., & Hayani, N. (2024). Live Streaming, Cash on Delivery, dan E-Trust Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Shopee di Kota Pekanbaru. JAAMTER: Jurnal Audit Akuntansi Manajemen Terintegrasi, 2(2), 427-433.
Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(April), 1–9.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V10i2.31443
Fiki Anreano S. et al. (2024). Pengaruh Strategi Marketing Aplikasi E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Teknik Industri Uns dengan Pendekatan Psikologi Konsumen. Jurnal STIA Bengkulu, 33-40.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (23rd ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghulam. (2023). Apa itu Konten? (Pengertian Menurut Ahli, Contoh, dan Jenis).
Haenlein, M., Anadol, E., Farnsworth, T., Hugo, H., Hunichen, J., & Welte, D. (2020). Navigating the New Era of Influencer Marketing: How to be Successful on Instagram, TikTok, & Co. California Management Review, 63(1), 5–25. https://doi.org/10.1177/0008125620958166
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.
Hardani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif. CV Pustaka Ilmu.
Huda. (2021), Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial, Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 34.
Iyer, G., Blut, M., Xiao, S., & Grewal, D. (2019). Impulse Buying: A Meta-Analytic Review. Journal of the Academy of Marketing Science, 48. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00670-w
Jepriyadi, M. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Burung Secara Sistem Online Cash On Delivery (Cod) (Studi Kasus Di Group Facebook Kicau Mania Bandar Jaya). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253
Karimah, M., Nurhayati, D., & Indarti, N. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money, Fitur Live Streaming, dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pembelanjaan Online. Jurnal Equilibrium Nusantara, 1(1), 8–15.
Kotler, A., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. England: Pearson Education Limited.
Kraus. (2022). Align Your Marketing Efforts with the Drop in Consumer Attention Span.
Liu, Z. (2020). Research on the Current Situation and Future Trend of Web Celebrity E-commerce Live Streaming Industry. 2020 The 4th International Conference on Business and Information Management, 133–137. New York, NY, USA: ACM. https://doi.org/10.1145/3418653.3418659
Lu, Z., Xia, H., Heo, S., & Wigdor, D. (2018). You Watch, You Give, and You Engage: A Study of Live Streaming Practices in China. Proceedings of the 2018 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–13.
Malacopo, M. S., & Andriansyah, A. (2022). Pengaruh Konten Viral Avoskin Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Bagi Pengguna Tiktok Di Kota Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 5(1).
Masse, M. R. (2017). Internet dan Penggunaannya (Survei di Kalangan Masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210102
Marvelyn Christabella, W. P. (2022). Pengaruh EPIC Model terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Generasi Z (Studi Iklan Racun Shopee Pada Aplikasi TikTok). Prologia, 280-287.
Marwiyah, Siti Laelatul, M. H. Ainulyaqin, and Sarwo Edy. "Analisis pengaruh perilaku konsumtif dan tingkat pendapatan terhadap online shopping pada e-commerce Shopee dalam perspektif ekonomi Islam." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9.3 (2023): 4279-4294.
Mayroza Wiska, F. R. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (EWom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya) Jurnal Manajemen Dewantara, 153-162.
Meylina, P. Z. E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Penggunaan E-Money Tehadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z Di Kot Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram.
Meylina, (2023)M. Pentingnya E-Commerce Dan Sistem Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi , 26 (1), 110-122.
Mileros, M. D., Lakemond, N., & Forchheimer, R. (2018). Towards a Taxonomy of E-commerce : Characterizing Content Creator-Based Business Models. Technology Innovation Management Review, 9(10), 62–77.
Pertiwi, P. D. (2020). Pengaruh Content Marketing, Social Media Marketing, dan Event Marketing terhadap Customer Loyalty dengan Variabel Mediasi Customer Engagement (Studi pada Pengunjung ON OFF Festival 2019). Universitas Brawijaya.
Philip, P. (2019). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian dengan Perilaku Konsumtif sebagai Variabel Intervening pada Pembelian Sneakers Branded oleh Generasi Z di Surabaya. Agora, 7(2).
Qoriani, H. F. (2020). Analisa Perilaku Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam Pada Masyarakat Desa. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 07(02), 512–531.
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 337–344.
Ramadhan, M. F., & Askurifai. (2021). Komunikasi Publik Supporter Bali United melalui Media Live Streaming Youtube pada Konser Tribun Voice. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 1(2), 79–83. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.425
Rasyid, A. (2019). Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Agama Islam. Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 5(2), 172–186.
Ratna Sari Dewi, Supriatna, Muh Muh Nana, and Istiqomah Eka Diyanti. "Analisis perbandingan kurikulum ktsp, k13 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar." Journal on Education 6.1 (2023): 9163-9172.
Safitri, M. D. A. (2022). Strategi Pemasaran Internet Marketing di Platfrom Youtube Menggunakan Kaidah Pt. Piranhamas Group. University of Southampton.
Safira, A. M., & Novie, M. (2024). Pengaruh Live Streaming dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying yang Dimediasi oleh Consumer Shopping Motivation (Studi pada Gen Z Pengguna Shopee). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 197-203.
Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. (2018). Survei Aplikasi Video Live Streaming dan Chat di Kalangan Pelajar. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1).
Singh, S., Singh, D., ZoranKalinić, & Liébana-Cabanillas, F. (2021). Assessing Determinants Influencing Continued Use of Live Streaming Services: An Extended Perceived Value Theory of Streaming Addiction. Expert Systems with Applications, 168. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.114241
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Penerbit Kencana.
Sofiana, Annisa, and Ratna Listiana Dewanti. "The Influence of Live Streaming, Content Marketing and Ease of Transactions on Purchasing Decisions MSME Culinary Snacks Products." Proceedings International Conference on Business, Economics & Management. No. 1. 2023.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). BUKU SUGIYONO KUANTITATIF.pdf.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Revisi). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Pengaruh praktik kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha peserta didik. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 129-140.
Tusanputri, A. V., & Amron, A. (2021, October). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 23, No. 4, pp. 632-639).
We Are Social 2023. Jumlah Pengguna Internet di Indonesia.
Wijaya, A., Wardhana, A., Khudori, A. N., Harto, B., Grace, E., Silitonga, H. P., & Umiyati, H. (2022). The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Wiratna V, Surjaweni. "Akuntansi sektor publik." (2015).
Zhang, Y. (2021). The Impact of TikTok on Modern Culture. Journal of Social Media Studies, 5(3), 15-28.
