Strategi Digital Fundraising Dana Zis (Zakat, Infaq, Sedekah) Melalui Digital Platform Laznas Darut Tauhid (DT) Peduli Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v6i2.1262Keywords:
Strategi, Digital Fundraising, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya gap antara potensi zakat dengan realisasi pengumpulannya berdasarkan data penelitian pada tahun 2023. Dengan judul Penelitian "Strategi Digital Fundraising Dana Zis (Zakat, Infaq, Sedekah) Melalui Digital Platform Darut Tauhid (DT) Peduli Kota Jambi dalam menyasar muzakki”. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi dalam mengimplementasikan penghimpunan digital atau fundraising digital yang dilakukan oleh LAZNAS DT Peduli Kota Jambi dengan menggunakan enam strategi digital marketing (content marketing, mobile marketing, continuos marketing, integrated digital marketing, visual marketing, personalized marketing) dan analisis SWOT. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dimana penelitian ini didasari dengan pengamatan penulis kemudian dideskripsikan sesuai dengan apa yang penulis temukan dilapangan. Adapun dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter (teks, jurnal, video, media sosial, dll). Hasil penelitian yang didapatkan ialah dari keenam strategi fundraising digital yang penulis sebutkan, LAZNAS DT Peduli Kota Jambi baru menerapkan 4 strategi digital fundraising diantaranya yaitu content marketing, continuos marketing, visual marketing dan personalized marketing. Sedangkan strategi digital yang belum diterapkan yaitu mobile marketing dan integrated digital marketing.
References
Abdul Ghofar. (2018). Tiga Kunci Fundraising. Gramedia.
Adiwijaya, Z. A., & Suprianto, E. (2020). Good Governance Of Zakat Institutions: A Literature Review. Journal Of Southwest Jiaotong University, 55(2), 1–7. Https://Doi.Org/10.35741/Issn.0258-2724.55.2.38
Ahmad Juwaini. (2005). Panduan Direct Mail Untuk Fundraising. Piramedia. Https://Lib.Ui.Ac.Id/Detail.Jsp?Id=20150177
Akmal Tarigan, K. A. (2022). Strategi Pengelolaan Dana Zis Secara Produktif Dalam Mengembangkan Ekonomi Pada Baznas Kabupaten Asahan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(6), 1300–1307. Https://Doi.Org/10.47467/Elmal.V3i6.1226
Ali, M. (1978). Strategi Kebudayaan. Csis.
Amarodin, M. (2020). Modernisasi Penghimpunan Dana Zakat Di Era Industri 4.0 (Upaya Strategis Dalam Optimalisasi Potensi Dana Zakat Di Indonesia). Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 65–79.
Annisa, & Fatwa, N. (2021). Optimalisasi Penghimpunan Zakat Digital Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 229.
Baznas. (2022). Data Penghimpunan Dana Zis.
Buhari, H. (2018). Strategi Penghimpunan Zakat. Tesis Uin Sunan Ampel Surabaya.
Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen. Jurnal Hukum Islam, 12(1), 87–101.
Chapra, U. (2016). The Future Of Economics: An Islamic Perspective. The Islamic Fundation.
Faozi, M. M. (2020). Strategi Penghimpunan Dana Infaq Telaah Efektivitas Aplikasi Digital Pada At-Taqwa Centre Kota Cirebon. 5(2).
Hadari, N. (2003). Manajemen Strategi. Gajah Mada University.
Irma, S., Nurida, I., & Ridhwan. (2021). Digital Fundraising Transformation As A Form Of Stability Strategy And Effort To Grow Zakat Awareness Through The Concept Of Zakat Profession. International Conference Of Zakat, 335–344.
Jamaludin, N. (2021). Efektifitas Digitalisasi Penghimpunan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kota Tangerang. 2, 180–208.
Joyce Young. (2007). Menggalang Dana Untuk Organisasi Nirlaba (Siti Masitoh (Ed.)). Pt.Ina Publikatama.
Js,Badudu, D. (N.D.). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kurniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku Dan Religiusitas Generasi Millenials Terhadap Keputusan Pembayaran Zis Melalui Platform Digital. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 15–22. Https://Doi.Org/10.34308/Eqien.V7i2.134
Lestari, A. W. (2021). Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhiid Peduli Cabang Lampung.
Mariani, B. (2022). Efektivitas Dan Efisiensi Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Terhadap Peningkatan Usaha Ekonomi Lemah (Studi Kasus Lembaga Zakat Darut Tauhid Peduli Zakat Jambi.
Marwing, A. (2015). Pendekatan Psikologi Dalam Peningkatan Fundraising Zakat. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1). Https://Doi.Org/10.21274/An.2015.2.1.199-226
Muhammad Syaiful Imam Baidowi, & Said Abadi. (2021). Analisis Swot Manajemen Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Magetan. Niqosiya: Journal Of Economics And Business Research, 1(2), 247–267. Https://Doi.Org/10.21154/Niqosiya.V1i2.285
Natasya, F. (2022). Strategi Penghimpunan Dana Zis (Zakat, Infaq Dan Sedekah) Melalui Digital Qris Di Laznas Daarut Tauhiid Peduli Lampung.
Nugroho, A., Ahmad, A., & Wijoyo, W. (2021). Analisis Strategi Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi Pada Laz Baitulmaalku Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(01), 77–85. Https://Doi.Org/10.37366/Jespb.V6i01.179
Nurjanah. (2023). Analisis Strategi Digital Fundraising Di Baznas Provinsi Kalimantan Selatan. Institutional Digital Repository, 1(2), 69.
Rahmawati Et Al. (2023). Analisis Strategi Digital Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi Pada Lazismu Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 813–818.
Safriadi, S. (2022). Analisis Swot Formulasi Strategi Pengembangan Dosen Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Intelektualita, 11, 33–43. Https://Jurnal.Arraniry.Ac.Id/Index.Php/Intel/Article/View/14761%0ahttps://Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Intel/Article/Download/14761/7252
Santoso, I. R. (2019). Strategy For Optimizing Zakat Digitalization In Alleviation Poverty In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Ikonomika, 4(1), 35–52. Https://Doi.Org/10.24042/Febi.V4i1.3942
Saputro, N. &Raditya. (2020). Pemilihan Aktivitas Fundraising Zakat Organisasi Pengelola Zakat Di Jawa Timur Menggunakan Analytic Network Process. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 460. Https://Doi.Org/10.20473/Vol7iss20203pp460-471
Setiawan, A. P. (2022). Efektivitas Penerapan Digital Fundraising Terhadap Peningkatan Pembayaran Zakat Pada Lazis Al Ihsan Jawa Tengah. Walisongo, 103. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/18217
Setiawan, Z. (2007). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar.
Sule, S. (2019). Pengantar Manajemen. (Jakarta: Kencana).
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Pt. Remaja Rosdakarya,.
Syafa’at, W., & Wahid, A. (2020). Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot Dengan Matrik Ifas Dan Efas Di Pt. Bagoes Tjipta Karya. Journal Knowledge Industrial Engineering (Jkie), 7(3), 108–117. Http://Jurnal.Yudharta.Ac.Id/V2/Index.Php/Jkie
Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). Analisis Swot Dalam Penetuan Strategi Pemasaran Menggunakan Analytic Network Process. Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 41–50.
We Are Social Dan Hootsuite. (2023). Report Digital-Internet & Social Media Users. Https://Wearesocial.Com/Id/Blog/2023/01/Digital-2023/
Wulandari, S. A. (2022). Analisis Digitalisasi Dalam Fundraishing Pengelola Zakat, Infaq Dan Sedekah (Zis) Pada Laz Washal. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial Available, 3(1), 92–99.
