Pengaruh Ketersediaan E-Money, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee pada Masyarakat Kota Jambi Menurut Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v6i2.1264Keywords:
E-money, Promosi, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketersediaan e-money, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk di shopee pada masyarakat kota jambi menurut perspektif ekonomi islam. Teknik penentuan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik accidental sampling. Data primer dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian sebesar 95 responden masyarakat kota Jambi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda karena variabel bebas lebih dari satu, yaitu e-money, promosi, dan kepercayaan. Software digunakan untuk olah data adalah SPSS versi 25. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut. Variabel dalam penelitian ini, yakni e-money, promosi, dan kepercayaan, secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee pada masyarakat Kota Jambi, seperti yang ditunjukkan pada uji hipotesis secara simultan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai F-hitung 104.051 > F-tabel 2.70.
References
Alawiyah, Imroatul Latifa. 2023. “Analisis Komparatif Terkait Nilai-Nilai Etika Bisnis Dalam Berbagai Perspektif Lintas Agama Di Indonesia.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 7 (2): 77–88.
Almas, Uta. 2022. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee (Studi Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang).” Universitas Semarang.
Andani, Merry, Nur Fitri Hidayanti, Zaenafi Ariani, Novi Yanti, and Sandra Dewi. 2024. “Penggunaan Electronic Money Sebagai Alat Transaksi Dalam Persfektif Islam” 4: 200–209.
Blessa, Victoria Andrenita, and Farida Indriani. 2022. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keterlibatan Konsumen, Dan Kualitas Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Shopee Live (Studi Pada Pengguna Platform Shopee Live).” Diponegoro Journal Of Management 11 (1): 1–11.
Dwijantoro, Rizky, Bernadin Dwi, and Nobelson Syarief. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 16 (2): 63–76.
Gunawan, Didik. 2022. Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Ilmiyah, Khafidatul, and Indra Krishernawan. 2020. “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6 (1): 31–42.
Ismail, Muhammad, Romansyah Sahabuddin, Muhammad Islah Idrus, and Abdul Karim. 2022. “Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Online Marketplace Pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin.” SEIKO: Journal of Management & Business 5 (1): 49–59.
Istiqomah, Mira, and Novi Marlena. 2020. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Danonline Customer Ratingterhadapkeputusan Pembelian Produkfashion.” Jurnal Manajemen 12 (2): 288–98.
Iswandi, Andi. 2014. “Penerapan Konsep Taysîr Dalam Sistem Ekonomi Islam.” Jurnal Ahkam XIV (2141): 245–52.
Jamaluddin, and Reza Ahmad Zahid. 2023. “Reinterpretasi Ketetapan Hukum Asuransi Perspektif Hukum Islam.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 4 (2): 149–69.
Jannah, Rihul, Andi Mappatompo, and Ifayani Haanurat. 2019. “The Influence of Product Quality and Promotion on Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty PT. Mahakarya Sejahtera Indonesia.” Journal UII 7: 201–6.
Jazilinni’am, Naili. 2022. “Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Ekonomi Syariah UMKM Hasma Jaya Lestari.” Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation 2 (1): 18–32.
Kurniawan, Garry, and Agustinus Proyowidodo. 2023. “Prosiding : Ekonomi Dan Bisnis Pengaruh Harga , Sistem Pembayaran E-Money , Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Gadget Pengguna Marketplace Tokopedia.” Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis 3 (2).
Latief, Abdul. 2018. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa).” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 7 (1): 90–99.
Marsalin, Ana Dewi, and Christiawan Hendratmoko. 2023. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Brand Image Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Sukoharjo).” Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA) 1 (3): 192–214.
Pautina, Yazid Bustomin, Yulinda L Ismail, and Zulfia K Abdussamad. 2022. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).” JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS P-ISSN 5 (2): 474–84.
Praestuti, Camelia. 2020. “Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken Di Oyehe Kabupaten Nabire.” Jurnal Administrasi Bisnis 10 (1): 21–24.
Prayuda, Yodi, and Syaiful Anwar. 2023. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Konsumen Shopee Di Kota Padang.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 3 (2): 630–46.
Probosini, Dewi Amalia, Nurdin Hidayat, and Muhammad Yusuf. 2021. “Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place x Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan-JBMK 2 (2): 445–58.
Putri, MELLY SEKARWANGI. 2022. “Pengaruh Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan Paylater Pada Generasi Milenial Di Kota Semarang.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Rahmadani, Alifia Putri, and Isroah. 2020. “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Shopee The.” Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia 11 (10): 77–92.
Sanjaya, Carin, and Diah Ayu Candraningrum. 2021. “Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Non Star Seller.” Prologia 5 (2): 369–75.
Sara, Kartika Dwi, and Fitryani. 2020a. “Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Perspektif Islam.” Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi 5 (2): 66–77.
Sara, Kartika Dwi, and Fitryani Fitryani. 2020b. “Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ema 5 (2): 66–76.
Setyagustina, Kurniasih, Rahmania Rahmania, M. Joni, Abdul Kholik, And Winahyu Dwi Suhitasari. 2022. “Pengaruh Potongan Harga (Diskon), Gratis Ongkir Dan Sistem Cod Terhadap Minat Berbelanja Online Di Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Economina 1 (3): 596–607. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.149.
Simangunsong, Ridhon MB, and Morina. 2021. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan.” JISPOL : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik 1 (2): 131–49.
Sumadi, Abdul Haris Romdhoni, and Fatakhurohim. 2022. “Analisis Faktor Kepercayaan, Manfaat Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Boyolali).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8 (02): 2195–2201.
Sumadi, and A. Haris Romdhoni. 2020. “Pengaruh Financing to Deposit Ratio ( FDR ), Dana Pihak Ketiga ( DPK ) Dan Return On Asset ( ROA ) Terhadap Pembiayaan Musyarakah ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Periode 2010-2018 ).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6 (03): 598–608.
Sumadi, Abdul Haris Romdhoni, and Fatakhurrohim. 2022. “Analisis Faktor Kepercayaan, Manfaat Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Boyolali).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2022, 2195-2201 8 (02): 2195–2201.
Tang, Jeni, and Syaifullah. 2022. “Pengaruh Harga, E-Money, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Saladbar Hadi Kitchen Di Kota Batam.” Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis 8 (1): 1–13.
