Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Label Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Produk Halal pada Mahasiswa

Authors

  • Rahmi Nur Azizah Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Helen Purnamasari Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fathasyah Aulia Putri Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asnaini Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v6i2.1265

Keywords:

religiusitas, sertifikasi halal, label halal, kesadaran halal, minat beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, sertifikasi halal, label halal dan kesadaran halal terhadap minat mahasiswa membeli produk halal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2022 UINFAS Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh hasil 64 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS 26 yang diperoleh dari data primer berupa kuisioner skala likert. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa variabel label halal dan kesadaran halal mempunyai pengaruh terhadap minat beli produk halal, sedangkan variabel religiusitas dan sertifikasi halal menunjukkan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk halal. Secara simultan, hasil penelitian menyatakan bahwa religiusitas, sertifikasi halal, label halal dan kesadaran halal bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk halal sebesar 49,8% dengan nilai F Hitung 14,659 > F Tabel 2,5279.

References

Adinugraha, H. H., Isthika, W., & Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 1(3), 180–195. https://doi.org/10.21070/perisai.v1i3.1365

Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 5(1), 1–23.

Aniesa Samira Bafadhal Diah Retno Sufi, F. E. P. (2018). Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Gen-M Konsumen Cadbury Dairy Milk di Kota …. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 66(1), 37–46. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2776%0Ahttp://repository.ub.ac.id/165515/

Erlambang Agusty, L., & Aminullah Achmad Muttaqin. (2022). Analisis Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Dan Persepsi Atas Produk Halal Dalam Pembelian Kosmetik Halal. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(4), 373–387. https://doi.org/10.21776/ieff.2022.01.4.08

Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia. Prosiding Industrial Research Workshop and …, 882–893. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1525%0Ahttps://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/download/1525/1281

Fitriani, A. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Obat Bebas dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa Kota bandung). Educationist: Journal of Educational and Curtural Studies, 2(2), 65–70.

Ilyas, M. (2017). Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal Perspektif Maslahat Certification and Labeling Halal Products of Maslahat Perspective. Al-Qadau, 357–376.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). https://doi.org/https://books.google.co.id/books?id=PYfCDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dqe#v=onepage&q&f=false

Jusuf, D. I. (2018). Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online (A. Pramesta (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi. https://doi.org/https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=v7Z-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA37&dq

Kamiliyah, N., Rahmawati, L., Abida, N. L., & Syariah, E. (2024). PROFJES : Profetik Jurnal Ekonomi Syariah DINAMIKA INDUSTRI HALAL DI INDONESIA : ANALISIS ASPEK. 03(01).

Kencana, P. N. (2017). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pada Tip Top Supermarket Ciputat. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 1(4), 53. https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.p53-64.724

Kusumastuti, D. K. (2020). Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(2), 27–50. https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929

Lestari, L. A., Apriani, Y., Asnaini, A., & Kustin, K. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Produk, Label Halal terhadap keputusan membeli frozen food (studi di kota Bengkulu). J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 6(1), 18. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2135

LPPOM-MUI. (2008). Panduan Umum Sistem Jaminan Halal. Panduan Umum Sistem Jaminan Halal, 1–78.

Marta, M., & Sa’adati, N. (2022). Keputusan pembelian Halal Food: Peran pengetahuan produk, labelisasi halal, dan religiusitas. Journal of Halal Industry Studies, 1(2), 101–111. https://doi.org/10.53088/jhis.v1i2.753

Masruroh, B., & Rafikasari, E. F. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran, Sertifikasi, dan Bahan Baku Halal terhadap Minat Beli Produk Halal: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 868–884. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1134

Puspita Ningrum, R. T. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.30

Putri, N. I. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pempek Dua Putri Pada Masyarakat Muslim Kota Jambi. Journal Sains Student Research, 1(2), 1031–1042. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/388%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/download/388/370

Qolbi, A., Atiya, N., & Rustanti, E. (2024). Tren Penelitian Konsumsi Produk Halal di Dunia; dengan pendekatan Bibliomteric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 911. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12342

Setyowati, A., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh Literasi Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 108–124. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v16i1.108-124

Studi, P., Syariah, E., Syariah, F., & Ekonomi, D. A. N. (2024). Pengaruh literasi halal terhadap keputusan memperoleh penerbitan sertifikat halal pada umkm.

Suryaputri, R. V. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Halal. Taraadin : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/trd.1.1.1-15

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Downloads

Published

2025-11-24