Pengaruh Harga dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Warung Mas Udin di Kefamenanu)
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v3i2.385Keywords:
Harga, Kepuasan konsumen, Keputusan pembelianAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga (X1) dan kepuasan konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pada Warung Mas Udin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden yang adalah responden yang membeli pada Warung Mas Udin. Teknik analalisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear sederhana harga (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh signifikan sebesar 1,046 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 dan nilai R square 0,666 yang berarti besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variable harga (X1) adalah sebesar 66,6% sedangkan sisanya 33,4% dipengaruhi variable lain diluar model penelitian ini. Kepuasan konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh signifikan sebesar 1,279 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 dan nilai R square 0,431 yang berarti besarnya variabel keputusan pembelian (Y) di pengaruhi oleh variable kepuasan konsumen (X2) adalah sebesar 43,1% sedangkan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian ini. Hasil analisis regresi berganda harga (X1) dan kepuasan konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh signifikan sebesar 0,825 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 dan nilai R square 1,00 yang berarti besarnya variable keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variable harga (X1) Dan kepuasan konsumen (X2) adalah sebesar 68,0% sedangkan sisanya sebesar 32% dipengaruhi variable lain diluar model penelitian ini.
References
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Fristiana, D. A., Prihatini, A. E., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2), 118–127.
Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada hotel Manado Grace inn. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).
Huda, N., Korbaffo, Y. A., & Timo, F. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kitab Cetakan Beirut. Inspirasi Ekonomi Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(1), 1–11.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Vol. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern Akademi Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: YPKPN.
Seram, R. B., & Huda, N. (2021). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warnet Golden. Bertuah: Journal of Sharia and Islamic Economics, 2(2), 36–43.
Seran, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Percetkan Gita Kasih: Kupang.
Sugiyono, D. R. (2015). Statistika untuk penelitian [Statistic for research]. Alfabeta, Bandung (2012.)(in Bahasa Indonesia).