Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi Menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Masyarakat Kota Jambi)

Authors

  • Mela Yolanda Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Ridhwan Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Bin Ahmad Salim Bafadhal Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i1.769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor interal dan fakor eksternal terhadap keputusan pembelian menurut perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling dengan perhitungan sampel menggunakan proporsional sampel. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari total populasi pada masyarakat Kota Jambi sebesar 619.553. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Program Aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial faktor internal (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor eksternal (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2024-07-05