Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Pengguna QRIS Sebagai Layanan Digital pada Mahasiswa Pengguna QRIS di Universitas Jambi

Authors

  • Tarisa Hajar Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Paulina Lubis Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Muhammad Roihan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i1.785

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Layanan Digital pada Mahasiswa Pengguna QRIS di Universitas Jambi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna QRIS sebagai layanan digital di Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jambi yang telah menggunakan QRIS. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan teknik proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk pertanyaan yang disebar secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan menggunakan QRIS didasarkan pada nilai Sig 0,000 < 0,05 dan t-hitung > t-tabel. Variabel persepsi manfaat berpengaruh terhadap kepuasan menggunakan QRIS didasarkan pada nilai Sig 0,000 < 0,05 dan t-hitung > t-tabel, dan secara simultan variabel persepsi kemudahan dan variabel persepsi manfaat mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna QRIS didasarkan pada nilai F hitung 204,197 > F tabel 3,090 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Downloads

Published

2024-07-09