Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Tabungan Haji Di Bank 9 Jambi Syariah

Authors

  • Ilham Bagus Kurniawan
  • Lucky Enggrani Fitri Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Muhammad Roihan Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.835

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Marketing Mix terdiri dari 9p (product, price, place, promotion, people, proces, pycical evidence, promise, patience) terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan haji di Bank 9 Jambi Syariah Kantor Cabang Pembantu Olak Kemang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah nasabah baru di Bank 9 Jambi Syariah Kantor Cabang Pembantu Olak Kemang periode 2017-2023. Metode pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan hasil 70 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data hasil kuesioner diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price, promotion dan pysical evidence berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji di Bank 9 Jambi Syariah Kantor Cabang Pembantu Olak Kemang, sedangkan product, place, people, proces, promise dan patience tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji di Bank 9 Jambi Syariah Kantor Cabang Pembantu Olak Kemang.

Author Biography

Ilham Bagus Kurniawan

Ekonomi Islam, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

Downloads

Published

2024-08-04