Strategi Pengembangan UMKM di Desa Tangkit Baru Muaro Jambi dalam Meningkatkan Daya Saing

Authors

  • Novita Sari Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Amri Amir Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Aditya Pratama Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan yang terjadi antara UMKM di Desa Tangkit Baru, strategi yang dapat diterapkan serta faktor yang menentukan tingkat daya saing para UMKM Desa Tangkit Baru. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil pembahasannya adalah persaingan yang terjadi antara UMKM satu sama lain di Desa Tangkit Baru cenderung secara sehat dimana memiliki inovasi dan kretivitas masing – masing, harga yang wajar dan bersaing, kualitas produk yang dihasilkan berkualitas baik, para pelaku UMKM di Desa Tangkit Baru juga saling menghargai nama baik masing-masing dan tidak saling menjatuhkan produk UMKM lain. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan hampir sama mulai dari pemasaran di swalayan yang ada di Kota Jambi, di toko oleh – oleh Jambi, dan bumdes di Desa Tangkit Baru. Inovasi dari para UMKM antara lain Selai Nanas Goreng, Dodol Nanas, Bolu Nanas, Keripik Nanas, Coklat Nanas, Pangsit Nanas, Selai Molen Nanas. Para pemilik UMKM ini berusaha untuk menciptakan produk sebaik mungkin mulai dari pemilihan bahan baku yang premium, pengolahan yang baik, rasa yang konsisten di setiap pembuatannya, serta pelayanan yang baik.

Downloads

Published

2024-08-05