Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada UMKM Donkus Lumer By DRL di Kota Jambi Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam

Authors

  • Rahmadhani Syafitri Ekonomi Islam, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis pada UMKM Donkus Lumer by DRL di Kota Jambi menurut perspektif etika bisnis Islam. UMKM Donkus Lumer by DRL merupakan usaha kuliner yang berhasil mengembangkan usahanya secara efektif dan efisien tanpa melanggar prinsip dan etika bisnis Islam. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha dan observasi langsung terhadap kegiatan operasional bisnis. Analisis data dilakukan dengan menggabungkan teori strategi bisnis dan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dan juga menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis Donkus Lumer by DRL meliputi peningkatan kualitas produk, inovasi menu, pemanfaatan media sosial untuk promosi, peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan dalam strategi pemasarannya menggunakan bauran pemasaran islam.  Dalam perspektif etika bisnis Islam, strategi tersebut sejalan dengan prinsip-prinsip kejujuran, transparansi dalam berbisnis, memberikan pelayanan yang adil kepada pelanggan, dan kemurahan hati.

Downloads

Published

2024-08-19