Pengaruh Iklan, Sistem COD dan Promo Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Kota Jambi pada Aplikasi Tiktok Shop dalam Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.895Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan, sistem cod dan promo gratis ongkir berpengaruh terhadap keputusan pembelian gen Z di Kota Jambi pada aplikasi Tiktok Shop dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap praktik jual beli melalui aplikasi Tiktok Shop. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah gen Z di kota Jambi, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan sampel yang berjumlah 100 responden. Data penelitian ini diolah melalui kuesioner. Selanjutnya, data penelitian ini diolah dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi (R2) dan uji dominan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan dan Promo Gratis Ongkir berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian gen Z di Kota Jambi pada aplikasi Tiktok Shop akan tetapi variabel Sistem COD tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian gen Z di Kota Jambi pada aplikasi Tiktok Shop, Praktik jual beli dengan menggunakan aplikasi Tiktok Shop ini merupakan jual beli yang di perbolehkan dengan memastikan transaksi memenuhi prinsip-prinsip ekonomi Islam.