Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Menggunakan Tabungan Emas ( Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian)
Abstract
Minat merupakan salah satu variabel yang dapat mempengaruhi usaha yang dilakukan seseorang. Minat yang kuat akan mendorong upaya yang serius dan tidak menyerah secara efektif dalam menghadapi kesulitan. Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan hasil konsolidasi bank-bank BUMN yaitu Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah juga membuka peluang bagi produk-produk spekulasi emas seperti dana investasi emas, porsi emas dan gadai emas. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan tabungan emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplorasi subyektif yang menggunakan pendekatan rekrutmen. Objek penelitin berfokus pada faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Menggunakan Tabungan Emas (Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif menggunakan analisis reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian, maka kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan tabungan emas di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian antara lain faktor pengetahuan, faktor promosi, faktor kualitas pelayanan, faktor pengaruh lingkungan keluarga, dan faktor reputasi yang melekat pada Bank Syariah Indonesia.