Analisis Strategi Peningkatan Omzet Penjualan pada Home Industry Bumbu Diva dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Kecamatan Paal Merah Kota Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendorong peningkatan omzet penjualan dan strategi peningkatan omzet penjualan pada Home Industry Bumbu Diva dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah pemilik Home Industry Bumbu Diva dan konsumen Bumbu Diva. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jual, produk, promosi, saluran distribusi dan mutu merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan omzet penjualan pada home industry Bumbu Diva. Strategi yang dapat digunakan home industry Bumbu Diva untuk peningkatan omzet penjualan yakni ada strategi SO melalui optimalisasi kualitas produk dan cita rasa untuk memasuki pasar yang lebih luas, stratetgi WO melalui peningkatan kemasan inovatif, strategi ST dengan menjalin kerja sama dengan petani lokal dan strategi WT melalui peningkatan formula kemasan yang lebih baik.