Analisis Strategi Pemberdayaan Ekonomi Ummat Melalui Pengelolaan Dana Masjid (Studi Kasus pada Masjid Agung Baitul Ma`Mur di Kabupaten Merangin)
Abstract
Penelitian ini tentang “Analisis Strategi Pemberdayaan Ekonomi Ummat Melalui Dana Masjid (Studi Kasus Pada Masjid Agung Baitul Makmur di Kabupaten Merangin)”. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implemntasi pemberdayaan ekonomi di masjid Agung Baitul Makmur Merangin (2) untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi pengurus masjid Agung Baitul Makmur dalam pemberdayaan ekonomi ummat (3) untuk mengetahui strategi yang tempat bagi masjid Agung Baitul Makmur Merangin dalam upaya pemebrdayaan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer berupa,observasi, wawancara (interview) secara langsung dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa pengurus masjid dan pedagang disekitar masjid. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu menggunakan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi ummat yang dilakukan Masjid Agung Baitul Makmur Merangin tercermin adanya penyaluran zakat, santunan anak yatim dan kegiatan jual beli di area masjid dengan memberikan Sebagian lahan parkir untuk berdagang. Kegiatan jual beli tersebut dapat meningkatkan pendapatan Masyarakat sekitar yang turut berdagang diarea masjid. Strategi yang dilakukan masjid antara lain: 1) memberikan kesempatan Masyarakat untuk berdagang di area masjid, 2) menyediakan kios-kios untuk fasilitas bagi pedagang, 3) mendirikan lembaga keuangan mikro masjid seperti koperasi masjid, 4) membuat program pelatihan dan pendampingan bulanan mengenai kewirausahan, penggunaan teknologi seperti pemakian e-wallet dan system pembayaran digital, penggunaan aplikasi sistem akuntansi seperti Microsoft exell atau google ssheet dll 5) rencana pengalokasian dana APBD untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi, 6) pengurus mengadakan rapat evaluasi mingguan atau bulanan.