Analisis Penerapan Konsep Service Excellence Dalam Perspektif Perbankan Syariah Studi Kasus Bank Muamalat Kcp Pasuruan

Authors

  • Laila Nur Jannah Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
  • Saiful Bakhri Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan

Abstract

Di era perkembangan dunia yang mengalami kemajuan signifikan ini, tentu kita dituntut untuk dapat menghadapi perubahan yang sangat pesat. Pelayanan menjadi fokus utama pada jasa perbankan, hal ini disebabkan bisnis perbankan masih bertumpu pada kepercayaan dan kepuasan dari setiap nasabahnya. Pelayanan yang diberikan dengan focus utama pada kepuasan pengguna diartikan dengan layanan prima atau layanan istimewa (service excellence). Pelayanan yang berkualitas dapat tercermin oleh perusahaan yang menerapkan kinerjanya dari sebuah aspek-aspek seperti attitude, attention, action, ability, appearance, accountability. Kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa Bank Muamalat KCP Pasuruan telah mengimplementasikan pelayanan prima sesuai indikatornya yakni attitude, attention, action, ability, appearance, accountability dengan baik. Bank Muamalat KCP Pasuruan juga telah menerapkan nilai-nilai sesuai Aqidah Islam yakni dengan berdoa sebelum melaksanakan kegitan operasional dan selalu memastikan kehalalan produk yang dijual.

Downloads

Published

2025-01-05