PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK PARFUME ALKOHOL DAN NON-ALKOHOL DI TOKO LANARESA PARFUME DI KOTA TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.56633/mbisku.v1i1.622Keywords:
Persepsi Konsumen, Kualitas Produk, Parfum, AlkoholAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya konsumen berbelanja belum mengetahui kegunaan alkohol, konsumen lebih memperhatikan kualitas prodok dibandingkan dampak dan juga larangan menggunakan alkohol dalam Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi konsumen terhadapa kulitas Produk parfum Alkhol dan Non-alkohol. Metode Penelitian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli parfum di lanaresa parfum sebanyak 135 responden dengan jumlah sampel 70 konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode koesioner. Teknik analisis menggunakan SPSS Versi 27 meliputi analisis instrument, uji asumsi klasik dan Analisis Regresi Linier Sederhan. Hasil penelitian uji regresi sesderhana menunjukan bahwa koefisien determinasi (R squer) 0,359 atau 35,9%. Pada uji t menunjukan bahwa hasil thitung 6,173 dan ttabel 1.995 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pada uji F menunjukan bahwa nilai Fhitung = 38.112 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0.05 maka dapat disimpulkan adanya pengaruh variabel persepsi konsumen terhadap variabel kualitas produk Parfum Al-kohol dan Non-alkohol.
References
Apriliana, Putri. “Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Image, Dan Persepsi Kon Sumen T Erhadap Keputusan Pembelian Ke Produk Sabun Lux (Studi Kasus Mahasiswi Ka Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).” Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam 1 (2010): i–106.
Dr, Rosnani Daga,.SE, MM. Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan. Edited by Arfah Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed., Muh. Izzad Kaisar. Pertama. kompleks prumahan BTN saumata indah lt.3, Blok B/12: Global Research And Consulting Institute, 2017.
Dr.H. Mashue Razak, SE, M.M. Prilaku Konsumen. 1st ed. Makasar & Samata-Gowa: Alaudin University Press, 2016.
Hayati, et, AL KH Ali Mustapa Yaqub. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Parfum Berakohol Di Toko Aneka Parfum Palu Selatan Di Kota Palu Dan Kriteria Halal Haram Untuk Pangan, Obat, Dan Kosmetika Menurut Al-Qur’an Dan Hadis, Jakarta : PT. Pustaka Firdaus, h. 243.” Hukum Ekonomi (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negri ( IAIN0 Palu 1 (2019): 1–57.
“Konsepsi Parfum Berakohol Dalam Islam Ilmu Kimia Serta Sumber Hukumnya,” n.d.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder. Edited by santi pratiwi tri Ttami. Cetakan ke. jakarta: PT RajaGrafindo Persada jakarta, 2019.
Mashur, Razak. Prilaku Konsumen. Edited by M.M Dr.H. Mashur Razak, SE. Alaudin Univrsitas Press. Cetakan ke. Vol. 13. makasar: Alaudin University, 2016.
Meidina. “Tinjauan Tentang Kosmetik,” 2015, 5–18.
Muzayanto, Dwi. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Pada Konsumen Naila Parfum Di Jalan Sompok Ii Semarang.” Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Semarang 2019. 1 (2019).
Nadha, Chairunnisa. “Tentang Hukum Alkohol.” LPPOM MUI, 2021.
Noor, Juliansyah. Metode Penilitan Skripsi, Tesis, Disetasi Dan Karya Ilmiah. Edited by kharisma Putra Utama. Pertama. jakarta: Prenada Media, 2011. https://doi.org/001.42.
Nurkhasanah, Almalya Nurul, and Farah Qisth. “Persepsi Masyarakat Terhadap Kandungan Alkohol Pada Kosmetik.” Facultas of Pharnacy, Unipersitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Fakultas on Indutrial Technology, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta 10, no. 4 (2020): 233–40.
Nurlela, Siti, Wulan, and Iskandar. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Refill Perfume Salsa Di Kota Batam.” Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Putera Batam, 2021, v–54.
Priyatno, Duwi. SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum. Edited by Giovanny. Yogyakarta, 2018.
Qamariyah, Nurlailatul. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Parfum Yang Mengandung Alkohol.” Skripsi 1 (2018): 76.
Rosalina, Linda, Rahmi Oktarina, Rahmiati, and Indra Saputra. Buku Ajar Statistika. Edited by Eliza. 1st ed. Padang: CV. muharika Rumah Ilmiah, 2023.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Edited by Prof. Dr Sugiyono. 19th ed. bandung: ALFABETA, CV, 2013.
Sugiyono, Prof.Dr. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, edited by Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI, Anggota Ik., 334. bandung : penerbit Alfabeta: Alfabata, Cv, jl.Gegerkalong Hilir No.84 Bandung, 2015.
Vinna Sri Yuniarti, S.E., M.M. Prilaku Konsumen Teori Dan Praktik. Edited by Tim Redaksi Pustaka Setia. 1st ed. Bandung: pustaka Setia,: cv pustaka setia bandung, 2015.
Wibisono, Ekky Suti. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ud. Rizky Barokah Di Balongbendo.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya 2019 1 (2019): i–90.
Zahriyah, Aminatus, Suprianik, Agung Parmono, and Mustofa. Ekonometrika. 1st ed. Jember: Mandala Press, Anggota APPTI-Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia, 2021.