PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO BUSANA MUSLIM DI RUMAH MODE AISYAH KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Lusy Andaristi STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Sudanto STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Dwi Vita Lestari STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.56633/mbisku.v1i2.878

Keywords:

Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada toko busana muslim di Rumah Mode Aisyah Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Rumah Mode Aisyah sebanyak 200 responden dengan jumlah sampel yang diteliti adalah 67 responden. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SPSS Versi 26. Teknik analisis data ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan semua variabel instrument pernyataan valid. Uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach Alpha > 0,6 dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian uji asumsi klasik menunjukkan bahwa hasil uji normalitas terdistribusi normal dengan nilai Kolmogorov-Sminorv (K-S) dan Asymp. Sig. 0,089 > 0,05 dan tidak terjadi heterokedastisitas. Hasil penelitian uji regresi sederhana menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R Square) 0,344 atau 34,4%. Pada uji t dan uji f menunjukkan bahwa harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada toko busana muslim di Rumah Mode Aisyah Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau

References

Soehardi, Dwi Vita Lestari, Andru Lumintang, Winanda Vathul Jannah4, and Adelia Khairun Nida, ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Edukasi Dan Literasi Gerakan Gaya Hidup Halal’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.3 (2022), 642–48 <https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10308>

Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, and Nursaidah, Manajemen Pemasaran, ed. by Moh Suardi, 1st edn (DI Yogyakarta: Samudra Birru

Ilham, M., & Saifullah, S. (2023). Telaah Historis Dalam Kebijakan Harga Menurut Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Syariah, 2(1), 76-87.

Amir, Jafar, Sutarmi, Wily Mohammad, Maman Jamaludin, and Danang Suryana, MANAJEMEN PEMASARAN Gagasan Keilmuan Bisnis, 1st edn (DKI Jakarta: PT Chishiki NoHikari Indonesia, 2022)

Indrasari, Meithiana, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, 1st edn (Surabaya: Unitomo Press, 2019) <https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results>

Sasongko, Sambodo Rio, ‘Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3.1 (2021), 104–14 <https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707>

Manggarani, Cynthia Ayu, Rudy Badrudin, and Shine Pintor Siolemba Patiro, Buku Teks MANAJEMEN PEMASARAN, 1st edn (Yogyakarta: Penerbit K-Media Anggota IKAPI, 2021)

Ilham, M., & Firdaus, F. (2020). Islamic Branding dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjungpinang. PERADA, 3(1), 29-48.

Napitupulu, Sabar, Nirwana Tapiomas, and Riduan Tobink, MANAJEMEN PEMASARAN Pendekatan Praktis Dengan Teori-Teori Para Ahli (Jakarta: Atalya Rileni Sudeco, Anggota IKAPI, 2021)

Putri, Budi Rahayu Tanama, Manajemen Pemasaran Modern., ed. by Budi Rahayu Tanama Putri (Denpasar, 2017) <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>

Pratama, Indra Akbar, and Sanyata Purwidayanta, ‘Sistem Informasi Geografis Lokasi Perumahan Di Kabupaten Tasikmalaya Berbasis Web’, Manajemen Dan Teknik Informatika, 02.01 (2018), 51–60

Ariyanti, Widyaningsih Putri, Haris Hermawan, and Ahmad Izzuddin, ‘Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9.1 (2022), 85–94 <https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.257>

Astuti, Erlina Dwi, ‘Pengaruh Harga, Promosi, Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Buket Di Astalina Bucket Yogyakarta’ (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Ypgyakarta, 2023)

Fachrurazi, Adi Pratama, Ni Desak Made Santi Diwyrthi, Henky Hotma Parlindungan Manurung, Rahmi Utami, Harry Jundrio, and others, Manajemen Pemasaran Di Era 4.0, ed. by Marto Silalahi, CV. Eureka Media Aksara (Purbalingga: CV. Eureka Media sari, 2022), iii <https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf>

Indrasari, Meithiana, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, 1st edn (Surabaya: Unitomo Press, 2019) <https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results>

Ilham, M., Saifullah, S., & Kartika, N. R. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Upaya Labelisasi Halal Di Indonesia. Indonesia Journal of Business Law, 2(2), 58-66.

Published

2024-08-22

How to Cite

Andaristi, L., Sudanto, & Vita Lestari, D. (2024). PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO BUSANA MUSLIM DI RUMAH MODE AISYAH KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU. MBISKU: Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 160–172. https://doi.org/10.56633/mbisku.v1i2.878