Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi

المؤلفون

  • Emi Masruroh Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Wus’atul Khoiroh Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v21i1.1066

الكلمات المفتاحية:

Isu Kontemporer, Digitalisasi.

الملخص

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis isu-isu kontemporer pendidikan agama islam di era digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan literatur review. Hasil penelitian menunjukan bahwa isu-isu kontemporer pendidikan agama islam di era digitalisasi meliputi, transformasi metode pembelajaran, akses dan kesetaraan, kualitas materi, pembentukan karakter dan etika, integrasi kurikulum. Implikasi dari penelitian adalah pendekatan pengajaran yang lebih interaktif dan fleksibel perlu diterapkan, di mana siswa dapat belajar secara mandiri dan berkolaborasi melalui teknologi, Pemerintah dan lembaga pendidikan harus memastikan keterjangkauan perangkat teknologi, serta menyediakan program subsidi atau bantuan teknologi untuk siswa kurang mampu agar tidak terjadi ketimpangan dalam akses pendidikan. Materi pendidikan agama Islam harus disesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai agama yang esensial. Kemudian teknologi harus digunakan sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islami, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin, baik dalam dunia virtual maupun nyata, Pembelajaran harus lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, namun tetap mengedepankan akidah dan syariat Islam.

المراجع

Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Cet. Ke 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Ahmad, Jumal et al. “Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah 3 (2018): 320.

Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24-31. DOI: 10.30957/edusiana.v4i1.5

Alfi, Maulia Ade., Asmara Febriasari., & Jihan Nur Azka. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi.” Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 2, no. 4 (2023): 511-522. https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.249

Anastasya, Ervina et al. “Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Teknologi Digital Pada Anak.” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2024): 301-314. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.531

E, Sundari. “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi dalam Pendidikan Modern.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 5 (2024): 25-35. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3325

Firmansyah, Imam Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79-90. https://ejournal.upi.edu

Hakim, Lukman. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575

Hodija, Siti Arman Paramansyah & Rifqi Ahmad Ramdani. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Nonformal dalam Era Digital.” Jurnal Tahsinia 4, no. 2 (2023): 172-185. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.512

Isti’ana, Ais. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 1 (2024): 302-310. https://irje.org/index.php/irje

Iswahyudi, Subhan Muhammad et al. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Nastiti, Ely Faulinda & Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu, “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2020): 61-66. https://journal2.um.ac.id

Nasution, Binanga Ucok et al. Buku Ajar Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Paputungan, Djamila., Syarifuddin Ondeng., & Muh. Arif. “Konsep, Prinsip, Tujuan dan Manfaat Pengembangan Bahan Ajar PAI.” Journal of Islamic Education Management Research 3, no. 1 (2024): 35-44. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id

Paramansyah, Arman et al, “Pengembangan Bahan Ajar PAI Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Islam dalam Era Digital.” Jurnal Dirosah Islamiyah 6, no. 2 (2024): 399-406. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i2.1761

Prabowo, Hadi Sultan et al. “Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2020): 191-207. https://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806

Rahma, Alya Febrizka., Hary Soedarto Harjono., & Urip Sulistyo. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 603-611 https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653.

Rahman, Aulia Fitri et al. “Pendidikan Karakter dalam Era Digital: Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pembentukan Moral dan Etika.” Journal of Creative Student Research 1, no. 6 (2023): 294-304. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2975

Sagala, Kartika., Lamhot Naibaho., & Djoys Anneke Rantung, “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi 6, no. 1 (2024): 1-8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006

Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. Ke 1. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama, 2016.

Wafi, Abdul. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 133-139. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Zulkifli. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Duta Sains Indonesia, 2024.

التنزيلات

منشور

2025-05-23