Pembudayaan Tradisi Membaca Alquran pada anak-anak di Masyarakat Balai Gurah Kabupaten Agam Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v12i2.11Abstract
Balai Gurah adalah salah satu nagari yang memiliki tradisi membaca Alquran pada anak-anak secara rutin tiap hari. Nagari Balai Gurah dapat dikatakan sebagai nagari yang tidak ada orang yang tidak mampu membaca Al Quran. Tujuan Penelitian ini untuk mengambarkan tradisi membaca pada anak –anak dan bagaimana pola pendidkan membaca Alquran di nagari Balai gurah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dimana data diambil dari observasi partisipasi, wawancara mandalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa pola pendidikan membaca Alquran . Pola pendidikan membaca Al Quran yang diselenggarakan oleh pendidikan non formal ( Perguruan Awaliyah Quran), pola pendidikan membaca Alquran di rumah dan pola pendidikan membaca Alquran di tengah masyarakat melalui masjid sebagai pusat ibadah masyarakat. Pola pendidikan membaca Alquran di PQA dilakukan pada jam 14.00 wib-18 wib .Pola pendidikan membaca di rumah pada 19.00 wib-20.00 wib. Dan pola pendidkan membaca Alquran di masjid pada jam 05.00-06.00 wib. Prinsip dalam pendidikan membaca Al Quran ini “ Lancar kaji karena di ulang. (Lancar Bacaan karena di ulang-ulang) yang akan bermakna terhadap tungkah laku anak . Proses pendampingan dari pihak guru, orang tua serta masyarakat menjadi pondasi utama dalam proses pembudayaan membaca Al Quran terhadap anak-anak
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).