Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok A Pada Anak Usia Dini di TK AL-Badariyah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari

Authors

  • Nila Dia Rahma Mahasiswa program Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin-Jambi
  • Sukarno Sukarno Universitas Islam Negeri Shulthan Thaha Saifuddin-Jambi
  • Abdul Muntholib Universitas Islam Negeri Shulthan Thaha Saifuddin-Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.138

Keywords:

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah kelompok A di TK AL-Badariyah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan data. Penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara, studi pustaka dan metode dokumentasi. Tahapan yang ditempuh adalah reduksi data, kajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Kelompok A di TK AL Badariyah Kelurahan Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian.Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan dengan mengkaji tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Kelompok A di TK AL Badariyah Kelurahan Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian.

Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini

 

References

Mulyatiningsih Endang, (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hasan, Z. (2019). Market Share Islamic Banking In Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 124–137. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.157

Hasan, Z. (2021). The Potential of Indonesian Zakat for Zakatnomics Improvement - Taxonomic Analysis Techniques. International Journal of Zakat, 6(3), 41–54. https://www.ijazbaznas.com/index.php/journal/article/view/275

Martinis Yamin. (2011). Standarisasi Kinerja Guru. In Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan.

Published

2022-07-20