Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Keterampilan Berbicara dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kls VIII SMP Negeri 2 Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v13i1.19Abstract
Dari pengamatan penulis sebagai guru dikelas, hasil belajarsiswa SMP Negeri 2 kls VIII dalam bahasa Inggris masih rendah, hal ini disebabkan model pembelajaran yang tidak bervariasi atau monoton. Guru hanya mengandalkan kemampuan dirinya dalam berceramah secara klasikal, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajar rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipeStudent Teams Achieviement Division (STAD). pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achieviement Division adalah suatu lingkungan belajar bersama dan bekerja sama dalam susatu kelompik kecil untuk menyelesaikan tugas-tugas Akademik dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris meningkat,Pada siklus I ketuntasan individu siswa terdapat sebanyak 17 (77%) dan siswa yang tidak tuntas 5 (23%). Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan individu siswa meningkat menjadi 20 (91%) siswa yang tuntas dan sebanyak 2 (9%) siswa yang tidak tuntas, mengalami peningkatan sebesar (14%).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).