PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA STIK ANGKA PADA ANAK USIA 5 TAHUN DI RA IBNU KHALDUN BENGKALIS

Authors

  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v15i2.276

Keywords:

media stik angka, kemampuan berhitung, anak usia 5 tahun

Abstract

This study aims to determine the increase in the numeracy skills of children aged 5 years using a number stick media. The method used is Classroom Action Research with three meetings in two cycles. The stages in each cycle consist of planning, implementing, observing and reflecting. The research data were collected using interview, observation and documentation techniques. Qualitative data is described in the form of sentences based on categories and quantitative data is analyzed using the percentage formula. Through this study, it was concluded that the number stick media could optimally contribute and innovate in stimulating children's numeracy skills. Children are able to develop the ability to recognize number symbols, call numbers and count number symbols. Based on the results of data analysis, it was concluded that the gross motor skills of children at RA Ibn Khaldun Bengkalis increased and were directed according to their age development.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5 tahun menggunakan media stik angka. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga pertemuan dalam dua siklus. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari erencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dideskripsikan dalam bentuk kalimat berdasarkan kategori dan data kuantitatif dianalisa dengan rumus persentase. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa media stik angka secara optimal dapat memberikan kontribusi dan inovasi dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak. Anak mampu mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan, menyebut bilangan dan menghitung lambang bilangan. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di RA Ibnu Khaldun Bengkalis meningkat dan terarah sesuai perkembangan usianya.

Author Biography

Siti Munawarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Aritonang, Lisa Agave, dan Dewi Safitri Elsap. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 2, no. 6 (6 September 2019): 363. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369.

Depdiknas. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Depdiknas, 2007

Luluk Asmawati. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya, t.t.

Mulyasa. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya, t.t.

———. Strategi Pembelajaran PAUD. 1 ed. PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Ningsih, Iqlima Fitria. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Stik Huruf Pada TK Safiatuddin Lhokseumawe,” t.t., 10.

Nur Wulan, Gytta Ayu, Dudung Priatna, dan Moh Helmi Ismail. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 1 (21 Maret 2018). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10551.

Permndikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidkan Anak Usia Dini.

Sipayung, Sri Gunawati. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi,” no. 2 (2021): 8.

Siswanto, Igrea. Mendidik Anak dengan Permainan Kreatif. Yogjakarta : Penerbit ANDI, 2008

Sriningsih, N. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia. Dini. Bandung: Pustaka Sebelas, 2013

Sri widyawati dan Kartika Rinakit Adhe. Media Pembelajaran PAUD. 1 ed. Remaja Rosdakarya, t.t.

Sujiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2009

Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Suyanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta : Hikayat Publising, 2005)

Wahyuni, Diah Galih, I Nyoman Wirya, dan Putu Rahayu Ujianti. “Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Stick Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif” 4, no. 2 (2016): 11.

Widayati, Sri, Nurhenti Dorlina Simatupang, Wulan Patria Saroinsong, dan Aryn Rusdiyanti. “Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 4, no. 1 (2 Agustus 2021): 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698.

Yoni, Acep, Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Familia, 2010

Downloads

Published

2021-10-09