Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Mukhlas Mukhlas Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.336

Keywords:

metode, pembelajaran, nilai, keagamaan, anak usia dini

Abstract

Keinginan para imigran Muslim di Belanda untuk mengenyam pendidikan berbasis budaya dan agama dapat dipahami sebagai upaya untuk melindungi budaya dan identitas mereka sebagai Muslim. Upaya mereka untuk mendirikan madrasah di negeri ini, meskipun dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara, namun pada tataran praktis seringkali sulit diwujudkan. Reaksi dari luar komunitas Muslim dalam masyarakat Belanda seringkali negatif terhadap pendidikan Islam. Pendapat yang saling bertentangan itu kritis dan menganggap pendidikan Islam di Belanda tidak diinginkan karena dapat memperlambat proses integrasi ke dalam masyarakat Belanda. Tulisan ini mengeksplorasi pendidikan Islam di Belanda dari perspektif sejarah, menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan realisasinya oleh imigran Muslim di negara ini, dan membahas peran pendidikan Islam dalam masyarakat Belanda.

Author Biographies

Mukhlas Mukhlas, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Siti Munawarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

References

Al-Qur’an al-KariM

Abdul Aziz Dahlan, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, (Aqidah), Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005

Cyrus T. Lalompoh-Kartini Ester Lalompoh, Metode Pengembangann Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, Jakarta, Grasindo, 2017

Hassan Shdilly, Ensiklopedi Umum, Jakarta, Yayasan Kanisius, 1973

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksar, 2006

Muhmidayeli, Membangun Paradigma Pendidikan Islam, pekanbaru, PPs UIN Suska Riau, 2007

Musfir Bin Said Az-Zahrani, Konseling Terapi, Jakarta, Gema Insani, 2005

Sa’dun Akbar, Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini, Bandung, Refika Aditama, 2019.

Wina Sanjaya, Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2008

Published

2022-01-03