Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.336Keywords:
metode, pembelajaran, nilai, keagamaan, anak usia diniAbstract
Keinginan para imigran Muslim di Belanda untuk mengenyam pendidikan berbasis budaya dan agama dapat dipahami sebagai upaya untuk melindungi budaya dan identitas mereka sebagai Muslim. Upaya mereka untuk mendirikan madrasah di negeri ini, meskipun dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara, namun pada tataran praktis seringkali sulit diwujudkan. Reaksi dari luar komunitas Muslim dalam masyarakat Belanda seringkali negatif terhadap pendidikan Islam. Pendapat yang saling bertentangan itu kritis dan menganggap pendidikan Islam di Belanda tidak diinginkan karena dapat memperlambat proses integrasi ke dalam masyarakat Belanda. Tulisan ini mengeksplorasi pendidikan Islam di Belanda dari perspektif sejarah, menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan realisasinya oleh imigran Muslim di negara ini, dan membahas peran pendidikan Islam dalam masyarakat Belanda.References
Al-Qur’an al-KariM
Abdul Aziz Dahlan, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, (Aqidah), Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005
Cyrus T. Lalompoh-Kartini Ester Lalompoh, Metode Pengembangann Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, Jakarta, Grasindo, 2017
Hassan Shdilly, Ensiklopedi Umum, Jakarta, Yayasan Kanisius, 1973
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksar, 2006
Muhmidayeli, Membangun Paradigma Pendidikan Islam, pekanbaru, PPs UIN Suska Riau, 2007
Musfir Bin Said Az-Zahrani, Konseling Terapi, Jakarta, Gema Insani, 2005
Sa’dun Akbar, Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini, Bandung, Refika Aditama, 2019.
Wina Sanjaya, Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2008
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).