Pendidikan Islam di Iran Pasca Revolusi
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i2.337Keywords:
Iran, Islam, Pasca, Pendidikan, RevolusiAbstract
Gerakan revolusi yang dipimpin oleh Khomeini, berhasil menumbangkan sistem monarki dan mendirikan negara republik dengan menerapkan syariat Islam dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, sesuai dengan mazhab syiah Itsna’ Asyariyah. Setelah revolusi Islam Iran tahun 1979, sistem pendidikan Iran mengalami perubahan yang sangat mendasar, semua upaya pendidikan serta pengajaran harus sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Upaya-upaya pendidikan juga harus diarahkan pada penggunaan al-Quran, tradisi Islam, dan konstitusi republik Islam Iran sebagai dasar dalam merumuskan tujuan dan sasaran pendidikan. Iran menyediakan sarana cuma-cuma bagi para pemuda dan anak-anak sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama. Metode pengajaran menggunakan hafalan. Kurikulum pendidikan Islam di Iran menganut sistem sentralistik yang kurikulum diatur oleh pemerintah pusat. sedangkan perguruan tinggi, di mana dosenlah yang menentukan isi mata kuliahnya. Madrasah tertua berada di iran seperti madrasah miyan dahiyah, al-bahaqiyah, dan NizhamiyyahReferences
Amin, Surahman. “REPUBLIK ISLAM IRAN (NEGARA MODEREN ISLAM SYIAH)” 8 (2016): 14.
Fuady, M Noor. “(Tinjauan Historis Pra dan Pasca Revolusi),” n.d., 9.
Itmam, Muh Shohibul. “Pemikiran Islam dalam Perspektif Sunni dan Syi’ah.” Jurnal Penelitian 7, no. 2 (2013): 18.
Kadir, Abd. “SYIAH DAN POLITIK: STUDI REPUBLIK ISLAM IRAN” 5 (2015): 15.
Khairani, H Alfian. “PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM,” n.d., 23.
Kurniawan, Sugeng. “(Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam)” 1 (2014): 9.
“Pertumbuhan Madrasah.Pdf,” n.d.
Pramusinta, Yulia. “Konsep Madrasah Dengan Pendekatan Filosofis.” AKADEMIKA 9, no. 2 (December 31, 2015): 203–42. https://doi.org/10.30736/akademika.v9i2.65.
Rais, Muhammad. “Sejarah Perkembangan Islam di Iran,” n.d., 16.
Riadi, Haris, and Johan Andriesgo. “ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI NEGERI MULLAH REPUBLIK ISLAM IRAN” 15, no. 2 (2019): 14.
Suryani, Aisyah, Achmad Dahlan Muchtar, and Irman Syarif. “Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam : Telaah Pemikiran dan Peradaban Islam di Iran,” n.d., 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).