Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Pendidikan Luar Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.352Keywords:
Pendidikan Islam, Yatim dan Dhuafa, Pendidikan Luar SekolahAbstract
Artikel ini mengkaji tentang penanaman nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak yatim dan dhuafa melalui pendidikan luar sekolah. Penanaman nilai merupakan usaha menanamkan nilai atau sifat yang menjadi landasan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan artikel ini berupa tinjauan pustaka dengan teknik menganalisis isi (content analysis). Penulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan pembaca tentang pendidikan di luar sekolah sebagai lembaga yang menjadi wadah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak yatim dan dhuafa. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dapat diartikan sebagai proses penanaman nilai-nilai yang seluruh aspeknya berlandaskan pada ajaran Islam yang bersumber pada al-Qur‟an dan hadis Nabi. Nilai-nilai yang diberikan pada diri anak yatim dan dhuafa bertujuan agar mereka dapat mengetahui, menguasai serta meyakini nilai-nilai dari pendidikan Islam. Wujud internalisasi dari nilai-nilai pendidikan Islam meliputi penanaman nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut harus dapat diimplementasikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara memberikan contoh yang baik kepada anak yatim dan dhuafa.References
Abu Amr, Syihabuddin. Al-Qamus Al-Munjid. Beirut: Darul Fikr, 2003.
Abul Fadhl Ahmad, Syihabuddin. Fath Al-Bary. Jakarta: Dar al-Fikr, 1995.
Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31.
Anam, Khoirul, dan Amri. “Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Akademika: Jurnal Keagamaan dan Penddikan 16, no. 1 (2020): 86–94.
Anwar, Ali, Noer Hidayah, and M. Arif Hidayat. “Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan.” Edudeena 1, no. 1 (2017): 31–42.
Ariyadri, Acep. “Konsep Pemeliharaan Anak Yatim Perspektif Al-Qur’an.” Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 1 (2021): 27–42.
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia” 06, no. 11 (2017).
Darlis, Ahmad. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24, no. 1 (2017): 84–103.
Departemen Agama RI. Al Hidayah Al-Qur’an Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka. Banten: PT Kalim, 2011.
Gafur, Abdul. “Model Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak-Anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah Di Indralaya.” Titian: Jurnal Ilmu Humaniora Vol. 04, no. 1 (2020): 60–73.
Hamid, Rosmaniah. “Kafalah Al-Yatim Dari Perspektif Hadis Nabi.” Al-Fikr 17, no. 1 (2013): 108–122.
Ikmal, Hepi, and M Zainuddin Alanshori. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam Anak Yatim Piatu Dan Fakir Miskin Di Lksa Al Mu’Awanah Lamongan.” Seminar Nasional Unisla (2018): 153–161.
Jannah, Fathul. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013): 161–173.
Jempa, Nurul. “Nilai-Nilai Agama Islam.” Pedagogik 1, no. 2 (2018): 101–112.
Kartika, Prita. “Optimalisasi Peran Masyarakat Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Luar Sekolah.” Jurnal Empowerment 3, no. 1 (2015): 50–57.
Khoironi, Nur, dan Abdul Muhid. “Pendidikan Islam Dan Upaya Membumikan Kesadaran Pluralisme.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2020): 144–157.
Latief, Hilman. “Filantropi Dan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Pendidikan Islam 28, no. 1 (2013): 123–139.
Lestari, Turah Asih. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Jalanan (Studi Kasus Di Rumah Singgah Dan Belajar Diponegoro).” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 2, no. 1 (2017): 96–105.
Mahmudin, Heru dan Abdul Muhid. “Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak Dalam Islam.” Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam 11, no. 2 (2020): 449–463.
Masrur, Imam. “Pendidikan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Spiritualitas Anak.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013): 347–370.
Masyhari, Fauziyah. “Pengasuhan Anak Yatim Dalam Prespektif Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 233–251.
Nuddin, Amin. “Konsep Anak Yatim Dalam Al-Qur’an.” Jurnal al-Fath 11, no. 1 (2017): 21–44.
Prawiro, Abdurrahman Misno Bambang. “Pendidikan Berkarakter Islami Bagi Anak Yatim.” Al-Murabbi 2, no. 1 (2015): 1–20.
Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi.” Eksis 8, no. 1 (2012): 2053–2059.
Ridwan, Ihwan. “Pembinaan Anak Dirumah Anak Yatim Assyifa Kota Makassar.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 4, no. 2 (2017): 1–10.
Robi’ah. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Tari Zapin Di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis.” Akademika: Jurnal Keagamaan dan Penddikan 17, no. 2 (2021): 175–185.
Romlah, Siti. “Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Non Formal Di Indonesia.” Pancawahana: Jurnal Studi Islam 15, no. 1 (2020): 1–14.
Samsu Rizal, Soni. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Alquran Surat Al-Jumu’ah Ayat 2.” Tarbiyah al-Aulad 2, no. 1 (2017): 23–44.
Setyaningrum, Nur. “Upaya Anak Jalanan Dalam Memperoleh Pendidikan Islam.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 1, no. 1 (2017): 154–172.
Shofan, Moh. Pendidikan Berparadigma Profetik. Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.
Subarkah, Milana Abdillah. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Warung Dhuafa.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 15, no. 2 (2019): 81–93.
Sudarsana, I Ketut. “Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 1 (2016): 1–14.
Suhada. “Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Hikmah 13, no. 1 (2017): 1–20.
Suparti, Munzier dan Utang Ramuwijaya. Ilmu Hadis. Cet. II. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Syamsi, Ibnu. “Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Pemberdaya Masyarakat.” Diklus 14, no. 1 (2010): 66–76.
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1. Perubahan Keempat, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2009.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Panji Duta Sarana, 2003.
Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan Remaja Rosdakarya, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).