Pendidikan Arab Saudi:Tantangan dan Reformasi
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.358Keywords:
pendidikan, Arab Saudi, Tantangan, ReformasiAbstract
Arab Saudi sebagai salah satu negara terkaya di Timur Tengah mengalami pembaharuan di bidang pendidikan dari masa ke masa. Diawali oleh Raja Faisal bin Abdul Aziz melalui slogan “free education for all”mendorong warganya untuk belajar melalui lembaga-lembaga pendidikan yang disediakan oleh pemerintah dan menyediakan program beasiswa bagi keluarga yang kurang mampu. Sampai pada masa Raja Abdullah bin Abd Aziz, anggaran pendidikan dialokasikan 27% dari total anggaran belanja Negara Arab Saudi. Para pemuda Arab Saudi diberikan beasiswa untuk belajar/kuliah ke luar negeri, seperti ke Amerika, Inggris, Australia, Jepang Malaysia dan negara-negara lainnya. Namun, kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Arab Saudi ini dinilai belum menyentuh aspek fundamental terkait muatan kurikulum pendidikan yang mereka gunakan yang terkesan memberi ruang dan bibit subur bagi lahirnya radikalisme dan ekstrimisme, sehingga perlu direformasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pendidikan di Arab Saudi: berikut tantangan yang dihadapi dan reformasi yang dilakukan. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah studi pustaka (library reseach) melalui teknik pengumpulan data dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Temuan dalam penelitian ini menggambarkan berbagai tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Arab Saudi, seperti; menyusupnya paham-paham radikal di lembaga pendidikan agama dan makin menipisnya cadangan minyak bumi sebagai sumber utama pendapatan negara. Menyikapi tantangan tersebut, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan reformis; Pertama, mereformasi sistem pendidikannya, mengakhiri ekstrimisme agama dan mengarah kepada moderasi dan toleransi. Kedua, transformasi sosio-ekonomi melalui program diversifikasi ekonomi dan juga turut mempengaruh kebijakan di bidang sosial dan budaya.References
Akrim, (2020) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara)
Al- Otaibi, Najah. (2020) Vision 2030: Religious Education Reform in the Kingdom of Saudi Arabia (Special Refort)
Arifin, M. (2000) Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara)
Arikunto, Suharsimi. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. (Jakarta: Rineka Cipta)
Azra, Azyumardi. (2000) Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. II (Jakarta: Logos)
Fauziah, R. Siti Pupu. (2020) Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid, (Depok: PT. Raja Grafindo Persada)
Hamdan, Amani. (2005) Women and education in Saudi Arabia:Challenges and achievements, (International Education Journal: Shannon Research Press)
Masrukhin, (2015) Metode Penelitian Kualitatif (Kudus : Media Ilmu Press)
Nasir, (2005) Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Nur, Agustiar Syah. (2001) Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara (Bandung: Lubuk Agung)
Quammar, Md. Mudassir. (2021) Education System in Saudi Arabia, (Palgrave, Mcmillan)
Salam, Burhanuddin. (1997), Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), (Jakarta: Rineka Cipta)
Yaumi, Muhammad. Reformasi Sistem Pendidikan di Indonesia: Suatu Refleksi Kritis Menuju Perbaikan Kualitas (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Zamroni, (1999) Reformasi Pendidikan dari Pondasi ke Aksi (JPI FIAI Jurusan Tarbiyah Vol. V)
Situs/Website:
https://www.uny.ac.id/id/berita/hadapi-tantangan-pendidikan-dalam-megatrend-2045 diakses pada tanggal 16 Januari 2021 pukul 21:23
http://eprints.ums.ac.id/13182/2/BAB_I diakses pada tanggal 16 Januari 2021 pukul 21:19
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tantangan diakses pada tanggal 07 Januari 2022 pukul 18.00 WIB.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/reformasi diakses pada tanggal 07 Januari 2022 pukul 18.07 WIB.
https://www.bbc.com/indonesia/dunia-54973191 diakses pada tanggal 24 November 2021 pukul 06.30 WIB.
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4087688/6-kebijakan-radikal-pemerintah-arab-saudi-demi-gaet-turis-asing diaksep pada tanggal 24 November 2021 pukul 06.10 WIB.
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20211119205749-120-723671/5-kebijakan-pangeran-mbs-yang-mendobrak-aturan-konservatif-arab-saudi diaksep pada tanggal 24 November 2021 pukul 05.45 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).