Implementasi Kurikulum 2013 SMP Negeri di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v16i2.365Keywords:
Kata Kunci, Implementasi, Pembelajaran, Kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy model) yang bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Siak Kecil. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SMP Negeri kelas VIII. Berdasarkan jenis data yang akan dikumpulkan dan sumber datanya, maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis untuk komponen pendahuluan pendahuluan dan penutup mencapai kriteria keberhasilan implementasi kurikulum 2013 karena hal ini telah tercapai dengan kriteria yang sudah ditetapakan yaitu skor sekurang-kurangnya ≥ 75%, sedangkan untuk komponen inti belum mencapai mencapai kriteria keberhasilan dalam implementasi kurikulum 2013, sedangkan untuk kesiapan sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis guru sudah melakukan persiapan seperti pelatihan tetapi guru belum memahami secara keseluruhan tentang kurikulum 2013 dikarnakan pelatihan dan tempat untuk belajar yang tersedia terbatas waktunya, dan faktor penghambat implementasi pembelajaran kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis yaitu belum maksimal dalam penerapan RPP, kurangnya kreatifitas guru menerapkan pembelajaran dengan lingkungan sekitarnya, dan guru belum menguasai buku siswa dalam kurikulum 2013References
Kemendikbud.(2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Permendikbud.(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud.(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumantri, M.S., (2015) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Wirawan. (2011). Evaluasi. : teori, model, standar, aplikasi dan profesi Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).