Implementasi Kurikulum 2013 SMP Negeri di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Mizan Abrory Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v16i2.365

Keywords:

Kata Kunci, Implementasi, Pembelajaran, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy model) yang bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Siak Kecil. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SMP Negeri kelas VIII. Berdasarkan jenis data yang akan dikumpulkan  dan sumber datanya, maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis untuk komponen pendahuluan pendahuluan dan penutup mencapai kriteria keberhasilan implementasi kurikulum 2013 karena hal ini telah tercapai dengan kriteria yang sudah ditetapakan yaitu skor sekurang-kurangnya  ≥ 75%, sedangkan untuk komponen inti belum mencapai mencapai kriteria keberhasilan dalam implementasi kurikulum 2013, sedangkan untuk kesiapan sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis guru sudah melakukan persiapan seperti pelatihan tetapi guru belum memahami secara keseluruhan tentang kurikulum 2013 dikarnakan pelatihan dan tempat untuk belajar yang tersedia terbatas waktunya, dan faktor penghambat implementasi pembelajaran kurikulum 2013 SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis yaitu belum maksimal dalam penerapan RPP, kurangnya kreatifitas guru menerapkan pembelajaran dengan lingkungan sekitarnya,  dan  guru belum menguasai buku siswa dalam kurikulum 2013

References

Kemendikbud.(2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Permendikbud.(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud.(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumantri, M.S., (2015) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Wirawan. (2011). Evaluasi. : teori, model, standar, aplikasi dan profesi Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2020-06-20