Partisipasi Masyarakat dalam Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan (PPKMP) di Desa Sekodi Kecamatan Bengkalis

Authors

  • Asruari Misda STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v16i1.367

Abstract

Kajian ini dilakukan berawal dari kondisi masyarakat Desa Sekodi Kecamatan Bengkalis yang cenderung belum menunjukkan perubahan sosial ekonomi dari pelaksanaan Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan (PPKMP) Kabupaten Bengkalis yang telah berjalan mulai tahun 2011. Penelitian ini ingin melihat bagaimana partisipasi masyarakat Desa Sekodi terhadap program PPKMP sebagai lembaga ekonomi mikro desa yang dapat memberikan stimulus peningkatan ekonomi masyarakat desa. Sebagai penelitian deskriptif kualitatif, maka untuk mendapatkan data penelitian tersebut penulis  menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara terhadap beberapa informan dengan cara Snowball Sampling yang telah dilakukan selama tiga bulan dilokasi kajian. Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat belum sepenuhnya terjadi seperti yang diharapkan pada Petunjuk Teknis Program PPKMP Kabupaten Bengkalis. Sebagian masyarakat Desa Sekodi cenderung pasif dan tidak memberikan pandangan atau pendapat khususnya pada tahap perencanaan dan penilaian program. Akan tetapi proses tersebut tetap dilaksanakan dengan tingkat partisipasi yang rendah, yang dalam konsep Arnstein hal tersebut dapat digolongkan kepada tidak adanya partisipasi (nonpartisipasi).

References

Bahua, Ikbal, Perencanaan Partisipatif Pembangunan Masyarakat, Gorontalo: Ideas Publishing, 2018.

BPMPD. Petunjuk Teknis Program Peningatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan (PPKMP). Bengkalis: BPMPD. 2014.

Dede William-de Vries, Gender Bukan Tabu: Catatan Perjalanan Fasilitasi Kelompok Perempuan di Jambi, Bogor: Center for International Forestry Research (CIFOR), 2006.

Eko, Sutoro, dkk, Desa Membangun Indonesia, Yogyakarta: Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD), 2014.

Eko, Sutoro, Reformasi Politik dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: APMD Press, 2004.

Hasan, Z., Rosiana, M., & Putri, N. (2021). Islamic Banking in Indonesia and Globalization in Era 4 . 0. Management Research Journal, 10(2), 103–111.

Hidayat, Dady, Gerakan Dakawah Salafi di Indonesia pada Era Reformasi, Jurnal Sosiologi MASYARAKAT, Vol. 17, No. 2, Juli, 2012.

Hikam, Muhmmad AS, Islam: Demokratisasi dan Pemberdayaan Civil Society, Jakarta: Erlangga, 2000.

Latif, Adam, dkk, Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang, Jurnal MODERAT, Volume 5, Nomor 1, Februari 2019.

Legi, Riedel, dkk, Implementasi Pendekatan Bottom-Up Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Di Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan, Jurnal Administrasi Publik, Vol, 1 nomor 010, 2015.

Mawardi, Imam, dkk, Seri Studi Islam: Pranata Sosial di dalam Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM): Pusat Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (P3SI), 2012.

Muluk, Khairul, Menggugat Partisipasi Publik dalam Pemerintahan Daerah: Sebuah Kajian dengan pendekatanberpikir Sistem, Malang: Bayumedia Publishing, 2007.

Rozaki, Abdur, Kaya Proyek Miskin Kebijakan: Membongkar Kegagalan Pembangunan Desa, Yogyakarta: IRE Press, 2006.

Saragi, Tumpal P, Mewujudkan Otonomi Masyarakat Desa: Alternatif Pemberdayaan Desa, Yogyakarta: yayasan Adikarya IKAPI, 2004.

Septyasa, Nuring, Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga di Desa Bandung Gunung Kidul, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol. 1 (1), 2013.

Sujito, Arie, Konteks dan Arah Pembaharuan Desa Dalam Advokasi RUU Desa, Jurnal Mandatory, Vol. 10, No. 1, 2013.

Susilo, Adib, Model Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Islam, FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 1, 2016.

Suyanto, Bagong, Metode Penelitian Sosial-Berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana. 2013.

Waryono, dkk, Interkoneksi Islam dan Kesejahteraan Sosial, Teori, Pendekatan dan Studi Kasus, Yogyakarta: Samudera Biru, 2012.

Widjajanti, Kesi, Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni, 2011.

Zubaedi, Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktek, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014

Published

2020-06-14