Filsafat Sebagai “Dasar” Agama (Islam)

Authors

  • Jainul Arifin Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Junaidi Junaidi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.375

Keywords:

Filsafat, Agama (Islam), Akal Budi

Abstract

Dalam realitas sosial-agama khususnya di Indonesia filsafat masih dianggap menakutkan, berat, rumit, abstrak, bahkan sebagian kecil ada yang masih beranggapan haram, menyesatkan, dan tidak dianjurkan dalam agama khususnya Islam. Filsafat sering dikonfrontasikan dengan agama, filsafat berkonotasi negatif sedang agama berkonotasi positif. Filsafat adalah pembahasan pencarian makna, nilai, atau solusi dari ketakjuban kehidupan atau persoalan yang selalu melitari manusia. Selain itu filsafat merupakan induk dari ilmu pengetahuan atau dasar dari segala ilmu pengetahuan, bahkan penulis berhipotesis bahwa filsafat juga merupakan dasar agama (Islam). Agama dipahami sebagai pedoman hidup, aturan moral yang bersifat sakral, kebenarannya bersifat mutlak, sehingga disebut dogmatis. Adapun yang menjadi landasan masalah adalah bagaimana menjadi mungkin filsafat sebagai dasar agama (Islam)? Penulisan ini menggunakan metode filsafat dan menggunakan pendekatan filsafat, serta pendekatan sejarah dan juga pendekatan teologi Islam. Secara umum pembahasan filsafat yang disejajarkan dengan agama memang sudah banyak yang bahas, yaitu menunjukkan orientasi filsafat dan agama adalah sama, sama-sama mencapai kebenaran hanya metodenya yang berbeda. Namun pembahasan tentang mencari esensi atau dasar agama (Islam) adalah filsafat, dengan metode filsafat dan pendekatan filsafat, sejarah serta teologi Islam belum ada yang membahas sehingga tulisan ini dapat dikatakan masih original. Hasilnya adalah Filsafat atau untuk bisa berpikir dasarnya adalah Akal Budi, sedang agama diturunkan pada makhluk yang memiliki Akal Budi atau bisa berfilsafat (berpikir tentang dirinya sendiri dan realitas serta kekuatan besar yang ada diluar dirinya sehingga menyadari pentingnya beragama) yaitu manusia, sehingga dapat dikatakan dasar dari agama adalah filsafat.

References

Q.S. Al-Baqarah: 30

Q.S. Al Hadid: 3

Q.S. Al Isra': 42

A. Wiramihardja, Sutardjo, Pengantar Filsafat: Sistematika dan Sejarah Filsafat, Logika dan Filsafat Ilmu (Epistemologi), Metafisika dan Filsafat Manusia, Aksiologi. Cet. ke-5. Bandung: PT Refika Aditama, November 2018.

Faiz, Fahruddin, Sebelum Filsafat. Yogyakarta: FA PRESS, Mei 2014.

Husein Nasr, Sayyid, Tasawuf: Dulu dan Sekarang. Terj. Abdul Hadi W.M. Cet. ke-5. Jakarta: Pustaka Firdaus, Juni 2002.

Nasution, Harun, Akal Dan Wahyu Dalam Islam. Cet. ke-2. Jakarta: UI-Press, 1986.

Palmquis, Stephen, Pohon Filsafat. Terj. Muhammad Shodiq. Cet. ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Maret 2007.

Rivai Harahap, Ahmad, dkk. (Ed). Ensiklopedi Praktis: Kerukunan Umat Beragama. Cet. ke-2. Medan: Perdana Publishing, Desember 2012.

Russell, Bertrand, Sejarah Filsafat Barat: Kaitannya Dengan Kondisi Sosio-Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang. Terj. Sigit Jatmiko. dkk. Cet. ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Agustus 2007.

Susilawati, MD., dkk. Beriman Di Tengah Arus Global: Menumbuhkan Sikap Inklusif Di Tengah Pluralisme Agama. Yogyakarta: Penerbit Gunung Sopai, 2011.

Tafsir, Ahmad, Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Cet. ke-24. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, September 2018.

Zaprulkhan, Filsafat Umum: Sebuah Pendekatan Tematik. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Filsafat Modern Barat: Sebuah Kajian Tematik. Yogyakarta: IRCiSoD, Desember 2018.

Zazuli, Mohammad, Sejarah Agama Manusia:Ikhtisar Agama-Agama, Mitologi, dan Ajaran Metafisika Selama Lebih dari 10.000 Tahun. Yogyakarta: Narasi, 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online (diakses pada hari Selasa, 30 November 2021, pukul 12:17 WIB): https://kbbi.web.id/dasar

Rijal, Syamsul, Konsep Ketuhanan Menurut Abd Al-Samad Al-Palimbani, dalam Jurnal Substantia: Media Studi Ilmu dan Keagamaan, Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2008.

Published

2022-07-26